Halaman

Rabu, 21 Maret 2012

ciri2 orang sukses


No.
Ciri-ciri Orang Sukses
Ciri-ciri Orang Gagal
1.
Menciptakan kesempatan
Semata-mata menunggu kesempatan datang
2.
Berdisiplin diri
Menurut kehendak hati
3.
Selalu berprestasi
Bertopang dagu
4.
Mengendalikan lingkungannya
Dibatasi oleh lingkungan
5.
Berkata “Apa yang dapat saya berikan kepada mereka”
Berkata “Apa yang dapat mereka berikan kepada saya”
6.
Berpikir dulu baru bertindak
Bertindak dulu baru berpikir
7.
Selalu percaya diri dan tidak pernah iri pada orang lain
Merasa rendah diri dan selalu iri dengan orang lain
8.
Tidak malu meminta pertolongan
Malu meminta pertolongan
9.
Berkata “Saya bisa”
Berkata “Saya tidak bisa”
10.
Menanggapi setiap tantangan sebagai loncatan kemajuan
Menanggapinya sebagai rintangan
11.
Tekun berusaha walaupun gagal
Selalu mengingat kegagalan
12.
Berpandangan luas
Berpandangan sempit
13.
Tahu diri dan tidak selalu sama dengan orang lain
Selalu membandingkan diri dengan orang lain
14.
Menghadapi masalah sebagai tantangan
Menghadapi masalah sebagai beban
15.
Tahu menempatkan diri
Salah menempatkan dirinya
16.
Bersikap positif
Bersikap negative
17.
Kaya kreativitas
Miskin kreativitas
18.
Terus bekerja sebelum orang lain berhenti
Berhenti sebelum orang lain
19.
Giat berpikir
Malas berpikir
20.
Dapat menghadapi hal yang tidak diharapkan
Tidak mampu menghadapi hal yang tidak diharapkan
21.
Cermat dalam bekerja
Ceroboh
22.
Penuh percaya diri
Mudah percaya pada nasib
23.
Menempatkan SDM sebagai nilai yang tinggi
Menempatkan SDM sebagai nilai yang rendah
24.
Tidak pernah mengeluh
Menganggap orang lain sebagai penyebab
25.
Berpikir jernih
Berpikir ragu-ragu
26.
Hidup mandiri
Bergantung pada orang lain
27.
Melihat cahaya dalam kegelapan
Hanya melihat kegelapan
28.
Selalu bertahan
Berhenti terlalu awal
29.
Berpendirian teguh
Mudah goyah
30.
Memecahkan masalah
Terbawa masalah
31.
Percaya, dia dapat mengubah dan memperbaiki sesuatu
Berpikir sebaliknya

Minggu, 18 Maret 2012

tombol pintas


TOMBOL PINTAS MICROSOFT WORD HINGGA VERSI 2010

  • Ctrl + A - Memilih semua teks.
  • Ctrl + B - Menebalkan Huruf yang terpilih (Bold).
  • Ctrl + C - Menyalin/menggandakan (Copy).
  • Ctrl + D - Memilih Jenis Huruf (Font).
  • Ctrl + E - Perataan tengah (Center).
  • Ctrl + F - Temukan Kalimat/Huruf (Find).
  • Ctrl + G - Pergi ke (go to).
  • Ctrl + H - Temukan Kalimat dan Tindih (Find and Replace).
  • Ctrl + I - Membuat cetak miring (Italic).
  • Ctrl + J - Membuat rata kiri kanan/seimbang (Justify).
  • Ctrl + K - Memasukkan Alamat tautan (Insert Hyperlink).
  • Ctrl + L - Membuat teks rata kiri (Left).
  • Ctrl + M - Menggeser penempatan paragraf ke kanan.
  • Ctrl + Shift + M - Menggeser penempatan paragraf ke kiri.
  • Ctrl + N - Membuat berkas baru (New).
  • Ctrl + O - Membuka berkas (Open).
  • Ctrl + P - Perintah mencetak berkas (Print).
  • Ctrl + Q - Menghapus pengaturan yang telah dibuat.
  • Ctrl + R - Membuat rata kanan (Right).
  • Ctrl + S - Simpan (Save).
  • F12 - Menyimpan kembali dengan nama yang sama atau berbeda (save as).
  • Ctrl + T - Menggeser tabulasi bawah ke kanan.
  • Ctrl + Shift + T - Menggeser tabulasi bagian bawah ke kiri.
  • Ctrl + U - Membuat garis bawah (Underline).
  • Ctrl + V - Tempel (Paste).
  • Ctrl + W - Keluar dari berkas.
  • Ctrl + X - Potong (Cut).
  • Ctrl + Y - Mengembelikan perintah yang telah dibatalkan undo (Redo).
  • Ctrl + Z - Membatalkan perintah sebelumnya (Undo).
  • Del - Menghapus teks yang salah di bagian belakang.
  • Back Space - Menghapus teks yang salah di bagian depan korsur.
  • Alt + F4 - Keluar dari berkas (Exit)

metode-metode pembelajaran


METODE PEMBELAJARAN BAHASA DENGAN SISTEM INKUIRI
Istilah Inkuiri sering digunakan dalam arti yang berbeda-beda. Inkuiri dapat diartikan berfikir. Akan tetapi ada beberapa orang yang menggunakan istilah Inkuiri dalam hubungan dengan pengertian strategi belajar yang berpusat pada siswa. Yang memberikan lebih banyak pembentukan segi-segi pendidikan berdasarkan adanya sifat inkuiri pada anak. Dan ada sebagian yang menggunakan istilah inkuiri sebagai cara mengajar atau model mengajarkan pelajaran.
            Metode pembelajaran dengan sistem Inkuiri merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan dan mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang dibutuhkan dengan memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu dan memberikan perhatian dalam menolong siswa menyelidiki secara independen.
            Dalam metode pembelajaran sistem inkuiri ada beberapa hal yang merupakan ciri sistem inkuiri yaitu;
·         Berturut
Berturut disini dimaksudkan mempunyai aturan-aturan yang teratur, sistem pembelajaran nya memiliki ketentuan yang telah diatur secara sistematis.
·         Bertentangan
Setiap sesuatu yang ada pasti memiliki lawannya. Begitu juga dengan sistem pembelajaran inkuiri,metode ini memiliki ketentuan-ketentuan dalam yang saling memiliki pertentangan antara yang suatu hal.
·         Berfikir secara Asosiasi
Dalam metode inkuiri ini lebih mengutamakan pemikiran yang memiliki nilai. Metode ini selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.
·         Kausalitas
Dalam metode inkuiri pemikiran selalu mengarah kepada tujuan-tujuan yang belum terjadi. Akan tetapi apa yang difikir kan akan terjadi nantinya.

  Kelebihan Metode Inkuiri
Para siswa dapat berfikir dan mencari sendiri dalam situasi bebas yang terarah yang dipantau oleh guru,sehingga hal ini akan menimbulkan semangat belajar para siswa. Dengan metode ini para siswa dapat terlatih dalam menemukan dan mempergunakan prinsip-prinsip penelitian ilmiah.

  Kelemahan Metode Inkuiri
Metode ini pelaksanaannya memerlukan waktu yang lama serta usaha yang tinggi dari para siswa. Jika para siswa tidak memiliki kesadaran dan usaha yang tinggi, pelaksanaan inkuiri tidak akan mencapai hasil yang baik.



METODE PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONSEPTUAL

Pendekatan konsektual  merupakan konsep belajar yang menghendaki agar guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu: -konstruktivisme, -bertanya, -menemukan, -masyarakat belajar, -pemodelan, -dan penilaian.Pendekatan konsektual  mendasarkan diri pada kecendrungan pemikiran tentang belajar sebagai berikut:
1.    Proses belajar
Ø  Belajar tidak hanya sekedar menghafal
Ø  Siswa belajar dari mengalami, bukan diberi begitu saja
Ø  Manusia mempunyai tingkatan berbeda dalam menyikapi situasi baru
Ø  Siswa perlu di biasakan menyikapi masalah
Ø  Proses belajar dapat merubah struktur otak
2.    Transper belajar
Ø    Siswa belajar dari mengalami sendiri bukan dari pemberian orang lain
Ø    Keterampilan dan pengetahuan itu diperluas dari kontes terbatas
Ø    Penting bagi siswa tahu untuk apa dia belajar
3.    Siswa sebagai pembelajar
Ø     Manusia memiliki kecndrungan untuk belajar dalam bidang tertentu
Ø     Strategi belajar  itu penting
Ø     Peran guru membantu menghubungkan antara yang baru dengan yang sudah ia ketahui.
Ø     Tugas guru memfasilitasi

Metode pembelajaran konsektual memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
Ø     Kerja sama
Ø     Saling mendukung
Ø     Menyenangkan tidak membosankan
Ø     Belajar dengan bergairah
Ø     Pembelajaran terintegrasi
Ø      Menggunakan berbagai sumber
Ø     Siswa aktif
Ø     Sharing dengan teman-teman
Ø     Siswa kritis dan guru kreatif




Sebuah kelas dapat dikatakan menggunakan pendekatan konsektual jika menerapkan tujuh komponen ini dalam pembelajaran. Secara garis besar nya, langkah nya sebagi berikut:
a.       Kembangkan pemikiran  bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri
b.      Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
c.       Kembangkan sikap ingin tahu murid dengan bertanya
d.      Ciptaskan masyarakat belajar
e.       Hadirkan model sebagai contoh belajar
f.       Lakukan refleksi diakhir pertemuan
g.      Lakukan penilaian yang sebenarnya.

Kelebihan dqan keutamaan pendekatan konsektual ini dealam pengajaran bahasa arab:
Ø  Bahasa diajarkan dengan pendekatan komunikatif,
Yakni siswa diajak menggunakan menggunakan bahasa dalam konstek nyata sedangkan dalam pembelajaran tradisional bahasa diajarkan dengan pendekatan struktural, rumus diterangkan kemudian dilatih.

Ø  Pemahaman kaedah-kaedah dikembangkan atas dasar skemata yang sudah ada pada diri siswa.


METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA INTERNET
Dalam penggunaan internet sebagai media pendidikan paling tidak ada tiga hal fositif  yaitu:
v  Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun diseluruh dunia
v  Peserta didik dapat dengan mudah berguru para ahli dibidang yang diminatinya
v  Kuliah dapat dengan mudah diambil diberbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas tempat mahasiswa belajar.
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa asing tanpa sadar telah mengubah kondisi akademik yang berjalan selama ini.dengan teknologi ini kondisi-kondisi yang sifatnya tertutup dan telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun menjadi tersingkirkan bahkan lenyap dan digantikan oleh kondisi-kondisi yang bersifat transfaran, terbuka,serta adanya proses evaluasi pembelajaran yang berlangsung.Tujuan utama dari pengajaran bahasa adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan empat keterampilan/kemahiran berbahasa yaitu kemahiran menyimak, keterampilam berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Begitu juga dengan tujuan pengajaran bahasa arab untuk menumbuhkan empat keterampilan bahasa tersebut.
Penggunaan internet untuk keperluan pendidikan yang semangkin meluas terutama di negara-negar maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakan nya proses belajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena sifat dan karakteristik  internet yang cukup khas,sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagimana media lain  telah dipergunakan sebelumnya seperti r adio, televisi,CD-ROOM,dll.
Berikut beberapa media berbasis teknologi informasi yang sangat relevan untuk dijadikan media dalam pembelajaran bahasa arab , diantaranya:
a.       Electronic mail (e-mail)
b.      Mailing List
c.       News Group
d.      File Transfer Protocol (FTC)
e.       World Wide Web