No. | Ciri-ciri Orang Sukses | Ciri-ciri Orang Gagal |
1. | Menciptakan kesempatan | Semata-mata menunggu kesempatan datang |
2. | Berdisiplin diri | Menurut kehendak hati |
3. | Selalu berprestasi | Bertopang dagu |
4. | Mengendalikan lingkungannya | Dibatasi oleh lingkungan |
5. | Berkata “Apa yang dapat saya berikan kepada mereka” | Berkata “Apa yang dapat mereka berikan kepada saya” |
6. | Berpikir dulu baru bertindak | Bertindak dulu baru berpikir |
7. | Selalu percaya diri dan tidak pernah iri pada orang lain | Merasa rendah diri dan selalu iri dengan orang lain |
8. | Tidak malu meminta pertolongan | Malu meminta pertolongan |
9. | Berkata “Saya bisa” | Berkata “Saya tidak bisa” |
10. | Menanggapi setiap tantangan sebagai loncatan kemajuan | Menanggapinya sebagai rintangan |
11. | Tekun berusaha walaupun gagal | Selalu mengingat kegagalan |
12. | Berpandangan luas | Berpandangan sempit |
13. | Tahu diri dan tidak selalu sama dengan orang lain | Selalu membandingkan diri dengan orang lain |
14. | Menghadapi masalah sebagai tantangan | Menghadapi masalah sebagai beban |
15. | Tahu menempatkan diri | Salah menempatkan dirinya |
16. | Bersikap positif | Bersikap negative |
17. | Kaya kreativitas | Miskin kreativitas |
18. | Terus bekerja sebelum orang lain berhenti | Berhenti sebelum orang lain |
19. | Giat berpikir | Malas berpikir |
20. | Dapat menghadapi hal yang tidak diharapkan | Tidak mampu menghadapi hal yang tidak diharapkan |
21. | Cermat dalam bekerja | Ceroboh |
22. | Penuh percaya diri | Mudah percaya pada nasib |
23. | Menempatkan SDM sebagai nilai yang tinggi | Menempatkan SDM sebagai nilai yang rendah |
24. | Tidak pernah mengeluh | Menganggap orang lain sebagai penyebab |
25. | Berpikir jernih | Berpikir ragu-ragu |
26. | Hidup mandiri | Bergantung pada orang lain |
27. | Melihat cahaya dalam kegelapan | Hanya melihat kegelapan |
28. | Selalu bertahan | Berhenti terlalu awal |
29. | Berpendirian teguh | Mudah goyah |
30. | Memecahkan masalah | Terbawa masalah |
31. | Percaya, dia dapat mengubah dan memperbaiki sesuatu | Berpikir sebaliknya |
Rabu, 21 Maret 2012
ciri2 orang sukses
Minggu, 18 Maret 2012
tombol pintas
TOMBOL PINTAS MICROSOFT WORD HINGGA VERSI 2010
- Ctrl + A - Memilih semua teks.
- Ctrl + B - Menebalkan Huruf yang terpilih (Bold).
- Ctrl + C - Menyalin/menggandakan (Copy).
- Ctrl + D - Memilih Jenis Huruf (Font).
- Ctrl + E - Perataan tengah (Center).
- Ctrl + F - Temukan Kalimat/Huruf (Find).
- Ctrl + G - Pergi ke (go to).
- Ctrl + H - Temukan Kalimat dan Tindih (Find and Replace).
- Ctrl + I - Membuat cetak miring (Italic).
- Ctrl + J - Membuat rata kiri kanan/seimbang (Justify).
- Ctrl + K - Memasukkan Alamat tautan (Insert Hyperlink).
- Ctrl + L - Membuat teks rata kiri (Left).
- Ctrl + M - Menggeser penempatan paragraf ke kanan.
- Ctrl + Shift + M - Menggeser penempatan paragraf ke kiri.
- Ctrl + N - Membuat berkas baru (New).
- Ctrl + O - Membuka berkas (Open).
- Ctrl + P - Perintah mencetak berkas (Print).
- Ctrl + Q - Menghapus pengaturan yang telah dibuat.
- Ctrl + R - Membuat rata kanan (Right).
- Ctrl + S - Simpan (Save).
- F12 - Menyimpan kembali dengan nama yang sama atau berbeda (save as).
- Ctrl + T - Menggeser tabulasi bawah ke kanan.
- Ctrl + Shift + T - Menggeser tabulasi bagian bawah ke kiri.
- Ctrl + U - Membuat garis bawah (Underline).
- Ctrl + V - Tempel (Paste).
- Ctrl + W - Keluar dari berkas.
- Ctrl + X - Potong (Cut).
- Ctrl + Y - Mengembelikan perintah yang telah dibatalkan undo (Redo).
- Ctrl + Z - Membatalkan perintah sebelumnya (Undo).
- Del - Menghapus teks yang salah di bagian belakang.
- Back Space - Menghapus teks yang salah di bagian depan korsur.
- Alt + F4 - Keluar dari berkas (Exit)
metode-metode pembelajaran
METODE PEMBELAJARAN BAHASA DENGAN SISTEM INKUIRI
Istilah Inkuiri sering digunakan dalam arti yang berbeda-beda. Inkuiri dapat diartikan berfikir. Akan tetapi ada beberapa orang yang menggunakan istilah Inkuiri dalam hubungan dengan pengertian strategi belajar yang berpusat pada siswa. Yang memberikan lebih banyak pembentukan segi-segi pendidikan berdasarkan adanya sifat inkuiri pada anak. Dan ada sebagian yang menggunakan istilah inkuiri sebagai cara mengajar atau model mengajarkan pelajaran.
Metode pembelajaran dengan sistem Inkuiri merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan dan mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang dibutuhkan dengan memberikan pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu dan memberikan perhatian dalam menolong siswa menyelidiki secara independen.
Dalam metode pembelajaran sistem inkuiri ada beberapa hal yang merupakan ciri sistem inkuiri yaitu;
· Berturut
Berturut disini dimaksudkan mempunyai aturan-aturan yang teratur, sistem pembelajaran nya memiliki ketentuan yang telah diatur secara sistematis.
· Bertentangan
Setiap sesuatu yang ada pasti memiliki lawannya. Begitu juga dengan sistem pembelajaran inkuiri,metode ini memiliki ketentuan-ketentuan dalam yang saling memiliki pertentangan antara yang suatu hal.
· Berfikir secara Asosiasi
Dalam metode inkuiri ini lebih mengutamakan pemikiran yang memiliki nilai. Metode ini selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.
· Kausalitas
Dalam metode inkuiri pemikiran selalu mengarah kepada tujuan-tujuan yang belum terjadi. Akan tetapi apa yang difikir kan akan terjadi nantinya.
Kelebihan Metode Inkuiri
Para siswa dapat berfikir dan mencari sendiri dalam situasi bebas yang terarah yang dipantau oleh guru,sehingga hal ini akan menimbulkan semangat belajar para siswa. Dengan metode ini para siswa dapat terlatih dalam menemukan dan mempergunakan prinsip-prinsip penelitian ilmiah.
Kelemahan Metode Inkuiri
Metode ini pelaksanaannya memerlukan waktu yang lama serta usaha yang tinggi dari para siswa. Jika para siswa tidak memiliki kesadaran dan usaha yang tinggi, pelaksanaan inkuiri tidak akan mencapai hasil yang baik.
METODE PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN KONSEPTUAL
Pendekatan konsektual merupakan konsep belajar yang menghendaki agar guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif yaitu: -konstruktivisme, -bertanya, -menemukan, -masyarakat belajar, -pemodelan, -dan penilaian.Pendekatan konsektual mendasarkan diri pada kecendrungan pemikiran tentang belajar sebagai berikut:
1. Proses belajar
Ø Belajar tidak hanya sekedar menghafal
Ø Siswa belajar dari mengalami, bukan diberi begitu saja
Ø Manusia mempunyai tingkatan berbeda dalam menyikapi situasi baru
Ø Siswa perlu di biasakan menyikapi masalah
Ø Proses belajar dapat merubah struktur otak
2. Transper belajar
Ø Siswa belajar dari mengalami sendiri bukan dari pemberian orang lain
Ø Keterampilan dan pengetahuan itu diperluas dari kontes terbatas
Ø Penting bagi siswa tahu untuk apa dia belajar
3. Siswa sebagai pembelajar
Ø Manusia memiliki kecndrungan untuk belajar dalam bidang tertentu
Ø Strategi belajar itu penting
Ø Peran guru membantu menghubungkan antara yang baru dengan yang sudah ia ketahui.
Ø Tugas guru memfasilitasi
Metode pembelajaran konsektual memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
Ø Kerja sama
Ø Saling mendukung
Ø Menyenangkan tidak membosankan
Ø Belajar dengan bergairah
Ø Pembelajaran terintegrasi
Ø Menggunakan berbagai sumber
Ø Siswa aktif
Ø Sharing dengan teman-teman
Ø Siswa kritis dan guru kreatif
Sebuah kelas dapat dikatakan menggunakan pendekatan konsektual jika menerapkan tujuh komponen ini dalam pembelajaran. Secara garis besar nya, langkah nya sebagi berikut:
a. Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri
b. Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
c. Kembangkan sikap ingin tahu murid dengan bertanya
d. Ciptaskan masyarakat belajar
e. Hadirkan model sebagai contoh belajar
f. Lakukan refleksi diakhir pertemuan
g. Lakukan penilaian yang sebenarnya.
Kelebihan dqan keutamaan pendekatan konsektual ini dealam pengajaran bahasa arab:
Ø Bahasa diajarkan dengan pendekatan komunikatif,
Yakni siswa diajak menggunakan menggunakan bahasa dalam konstek nyata sedangkan dalam pembelajaran tradisional bahasa diajarkan dengan pendekatan struktural, rumus diterangkan kemudian dilatih.
Ø Pemahaman kaedah-kaedah dikembangkan atas dasar skemata yang sudah ada pada diri siswa.
METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA INTERNET
Dalam penggunaan internet sebagai media pendidikan paling tidak ada tiga hal fositif yaitu:
v Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun diseluruh dunia
v Peserta didik dapat dengan mudah berguru para ahli dibidang yang diminatinya
v Kuliah dapat dengan mudah diambil diberbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas tempat mahasiswa belajar.
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran bahasa asing tanpa sadar telah mengubah kondisi akademik yang berjalan selama ini.dengan teknologi ini kondisi-kondisi yang sifatnya tertutup dan telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun temurun menjadi tersingkirkan bahkan lenyap dan digantikan oleh kondisi-kondisi yang bersifat transfaran, terbuka,serta adanya proses evaluasi pembelajaran yang berlangsung.Tujuan utama dari pengajaran bahasa adalah untuk menumbuhkan dan mengembangkan empat keterampilan/kemahiran berbahasa yaitu kemahiran menyimak, keterampilam berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Begitu juga dengan tujuan pengajaran bahasa arab untuk menumbuhkan empat keterampilan bahasa tersebut.
Penggunaan internet untuk keperluan pendidikan yang semangkin meluas terutama di negara-negar maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini memang dimungkinkan diselenggarakan nya proses belajar yang lebih efektif. Hal itu terjadi karena sifat dan karakteristik internet yang cukup khas,sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran sebagimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti r adio, televisi,CD-ROOM,dll.
Berikut beberapa media berbasis teknologi informasi yang sangat relevan untuk dijadikan media dalam pembelajaran bahasa arab , diantaranya:
a. Electronic mail (e-mail)
b. Mailing List
c. News Group
d. File Transfer Protocol (FTC)
e. World Wide Web
Langganan:
Postingan (Atom)