1.
Kehidupan Periode Makkah
SOAL
1.
Jelaskan bagaimana langkah tahapan
dakwah yang dilakukan nabi pada periode makkah?
2.
Strategi apa saja yang dilakukan rasulullah dalam menjalankan
dakwah nya pada periode makkah?
3.
Jelaskan perbedaan ciri pokok pembinaan pendidikan islam periode
makkah dengan periode madinah?
4.
Faktor apa yang mempengaruhi masyarakat makkah menentang dakwah
nabi Muhammad SAW?
5.
Jelaskan bagaimana dakwah nabi yang disampaikannya dalam periode
makkah?
JAWABAN
1.
Langkah tahapan dakwah nabi adalah:
a.
Tahapan dakwah
secara rahasia selama 3 tahun
Orang-orang yang masuk islam pada masa ini adalah orang-orang yang terdekat
dengan rasulullah, dan orang-orang yang di anggap mampu memegangrahasia. Orang
yang pertama kali masuk islam adalah istrinya sendiri yaitu khadijah,
selanjutnya zaid bin haritsah, ali bin abi thalib, dan teman dekat rasulullah
yaitu abu bakar as-siddiq.Di antara pendahulu kaum muslimin yang masuk islam
pada masa ini adalah bilal bin rabah, abu ubaidah bin abil arqam, utsman bin
madz’un dan dua saudaranya, qudamah dan lain-lain. Mereka masuk islam secara
rahasia dan rasulullah membimbing mereka pun dengan rahasia pula.
b.
Tahapan dakwah
secara terang-terangan terhadap penduduk Makkah (mulai tahun ke-4 kenabian
sampai ahir tahun kenabian)
c.
Tahapan dakwah
di luar Makkah, berlangsung dari ahir tahun ke-10 kenabian sampai hijrah ke
madinah.
2.
Strategi yang dilakukan rasulullah dalam menjalankan dakwahnya
adalah: hijrah ke habsyi yang pertama, hijrah ke habsyi yang kedua, misi ke
tha’if, perjanjian aqobah 1 dan
perjanjian aqobah 2.
3.
Ciri pokok pembinaan pendidikan
Periode kota Makkah:
Pokok pembinaan pendidikan islam di kota Makkah adalah pendidikan
tauhid, titik beratnya adalah menanamkan nilai-nilai tauhid ke dalam jiwa
setiap individu muslim, agar jiwa mereka terpancar sinar tauhid dan tercermin
dalam perbuatan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Ciri pokok pembinaan pendidikan pendidikan Periode kota Madinah:
Pokok pembinaan pendidikan islam di kota
Madinah dapat dikatakan sebagai pendidikan sosial dan politik. Yang merupakan
kelanjutan dari pendidikan tauhid di Makkah, yaitu pembinaan di bidang
pendidikan sosial dan politik agar dijiwai oleh ajaran , merupakan cermin dan
pantulan sinar tauhid tersebut.
4.
Faktor yang menentang masyarakat mekkah
menentang dakwah nabi adalah: persaingan
merebut kekuasaan, Penyamaan antara hak antara kasta bangsawan dan kasta hamba sahaya, Takut
dibangkitkan dari alam kubur , Taklid kepada nenek moyang,memperniagakan
patung.
5.
Ada ciri umum yang dapat di definisikan dalam dakwah rasulullah pada
periode makkah, yaitu:
a.
Perhatian dakwah terfokus pada upaya untuk menyampaikan dakwah dan
meyebarkannya dengan cara sirriyah maupun jahriyah.
b.
Memperhatikan aspek terbiyah (pengkaderan terpadu) bagi orang yang menerima
dakwah dengan upaya untuk mensucikan hati orang yang di didik dan menumbuhkan
mereka dalam suasana hidayah.
c.
Berusaha agar tidak terjadi kontak
fisik dengan musuh dan mencukupkan diri dengan melakukan melakukan jihad dakwah
meskipun gangguan dari pihak musuh sukup menyakitkan hati.
d.
Selalu aktif melakukan dakwah dan
tidak terpaku hanya di tempat mulai tumbuhnya rasulullah (di makkah). Melakukan
kegiatan dan menentukan strategi yang berkesinambungan untuk dakwah kedepan.
2.
Peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah
SOAL
1.
Faktor apa yang menyebabkan nabi memilih kota
madinah untuk hijrah kaum muslimin?
2.
Hikmah apa yang dihasilkan dari hijrah ke
Madinah?
3.
Langkah apa yang dilakukan nabi dalam usaha
memperkokoh masyarakat dengan negara baru itu?
4.
Jelaskan alasan nabi untuk hijrah ke kota
madinah dalam menyampaikan dakwahnya?
5.
Bagaimana sambutan kaum anshor terhadap kaum
muhajirin setibanya di madinah?
JAWABAN
1.
Alasan nabi memilih kota madinah adalah:
a. Madinah adalah tempat yang
paling dekat dengan Makkah.
b. Sebelum jadi Nabi,
Muhammad telah mempunyai hubungan yang baik dengan penduduk madinah karena
kakek nabi, Abdul Mutholib, mempunyai istri orang Madinah
c. Penduduk Madinah sudah dikenal Nabi bahwa
mereka memiiki sifat yang lemah lembut
d. Nabi Muhammad SAW mempunyai kerabat di madinah
yaitu bani Nadjar
e. Bagi diri Nabi sendiri, hijrah ke Madinah
karena perintah Allah SWT.
Hikmah yang dihasilkan dari hijrah ke madinah adalah:
a.
Kemenangan
dakwah Rasulullah dan kaum Muslimin terhadap kaum Quraisy
- Terbentuknya agama Islam yang beribukota di Madinah dengan nabi Muhammad SAW sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahannya
- Tersebarnya agama Islam kepelosok penjuru dunia
1.
Langkah yang
dilakukan nabi dalam memperkokohnya adalah dengan cara meletakkan dasar-dasar
kehidupan bermasyarakat yaitu:
a. Dasar pertama , pembangunan Masjid, selain untuk tempat shalat, juga sebagai sarana
penting untuk mempersatukan kaum Muslimin dan mempertalikan jiwa mereka. Masjid
pada masa Nabi juga berfungsi sebagai pussat pemerintahan.
b. Dasar kedua , Ukhuwah
Islamiah , persaudaraan sesama musllim. Nabi mempersaudarakan golongan
Muhajirin dengan Anshor. Ini berarti menciptakan suatu bentuk persaudaraan yang
baru yaitu persaudaraan berdasarkan agama, menggantikan persaudaraan
beersasarjan darah.
c. Dasar ketiga , hubungan persahabatan sengan pihak-pihak lain yang tidak beragama islam.
2.
Untuk lebih
memperluas dakwah nabi,dan masyarakat madinah juga sangat mengharapkan
kehadiran nabi ke madinah,selain itu juga karena factor rencana-rencana jahat
kafir Quraisy terhadap diri Nabi Muhammad dan kaum Muslimin,Fitnah tentang Nabi
Muhammad dituduh juru penerang yang memecah belah masyarakat,Abu Jahal sangat
memusuhi Nabi Muhammad sehingga dia ingin membunuhnya,Kaum Muslimin yang di
Makkah dikucilkan oleh masyarakat Makkah selama tiga tahun.
3. kaum
anshor terhadap kaum muhajirin disambut baik oleh
penduduknya atau kaum Anshar. Setiba disana rasul langsung diangkat menjadi
kepala agama dan sekaligus kepala negara karena beliau adalah seorang Rasul.
Kemudian Rasulullah saw mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Kaum Anshar
dengan mempersilakannya tinggal di rumahnya dan memanfaatkan segala fasilitas
yang ada.
3.PIAGAM MADINAH
1.
Jelaskan apa fungsi dibuatnya “Piagam Madinah” oleh Rasulluah Saw?
Fungsi utama dibuatnya “Piagam Madinah” untuk menjamin keamanan dan
kedamaian antara kaum muslimin dan golongan quraisy. Piagam madinah merupakan
perjanjian yang member kebebasan beragama, anggota masyarakat memiliki hak
dalam bidang poloitik, berkewajiban mempertahankan keamanan dari serangan luar.
Dalam bidang sosial adanya dasar persamaan antar manusia.
2.
Pada saat adanya festival ukaz tahun 620 M, ada berapakah penduduk
Yatsrib yang menyatakan memeluk islam ketika bertemu Nabi Muhammad SAW dan
siapakah seorang perempuan diantaranya yang bertempat di Aqabah ?
Jawaban :
Pada saat Festival tersebut
ada 6 orang, kemudian setelah mereka kembali ke Yatsrib mereka kembali mengajak
kaumnya yang berjumlah 12 orang,yang salah satu di antara mereka adalah seorang
perempuan yang bernama Arfa binti Abid ibnu Tsa’labah dari Yatsrib menemui
Rasulullah, dan menyatakan masuk agama islam, yang juga bertempat di Aqabah,
sehingga pertemuan itu disebut Kesepakatan Aqabah II.
3.
Sebutkan apa-apa saja sebab yang menyebabkan mudahnya islam masuk
ke Yatsrib ( Madinah ) ?
Jawaban :
a.
Orang-orang Arab Yatsrib ( Madinah ) adalah orang yang paling dekat
dengan agama Samawi ( monoteisme ) karena mereka banyak mendengar dan
berdekatan dengan orang-orang yahudi.
b.
Orang-orang Yahudi Yatsrib ( Madinah ) sering mengatakan akan
muncul seorang Nabi, dan orang-orang Yahudi akan mengusir orang-orang Arab.
Itulah sebabnya orang0orang Arab paling awal mengikuti Nabi, agar sebaliknya
mereka mengusir orang-orang Yahudi.
4.
Jelaskan bagaimana maksud dari piagam madina?
Jawabannya:Perlembagaan yang ditulis dan dipersetujui
bersama semua golongan (orang Islam dan Yahudi) yang menjadi warganegara
Madinah Al-Munawwarah pimpinan Rasulullah SAW. Disebut Sahifah al-Madinah
(perlembagaan bertulis pertama di dunia).Menjadi asas pembentukan sebuah Negara
Islam.
5.
Apakah
peristiwa yang terjadi sebelum penggubalan piagam madina?
Jawabannya:
peristiwa yang terjadi adalah
1)
Perjanjian
Aqobah pertama, yakni 12 orang penduduk Madinah ke Makkah bertemu Rasulullah
SAW, berjanji meninggalkan perkara syirik, mencuri, berzina, membunuh anak, serta
taat perintah Rasulullah SAW.
2)
Penerimaam masyarakat yathrib terhadap agama
islam, yakni Mus’ab bin Umair diutus ke Yathrib mengajar al-Quran oleh
Rasulullah SAW, Dakwah Mus’ab diterima baik penduduk Aus dan Khazraj.
3)
Perjanjian Aqobah kedua, yakni Tahun
berikutnya, Mus’ab membawa 73 orang lelaki dan 2 orang wanita Madinah, Mereka
berbai’ah akan memelihara dan mempertahankan Rasulullah SAW, berikrar taat
setia ketika susah dan senang.
4.Perjanjian Hudaibiyah
SOAL
1.
Jelaskan apa yang dimaksud perjanjian hudaibiyah?
2.
Jelaskan bagaimana latar belakang perjanjian hudaibiyah?
3.
Jelaskan faktor – faktor yang mendorong dilakukannya perjanjian
hudaibiyah?
4.
Jelaskan 2 faktor dasar yang mendorong kebijakan perjanjian
hudaibiyah itu?
5.
Jelaskan mengapa perjanjian hudaibiyah dikatakan sebagai suatu
kemenangan yang nyata?
JAWABAN
1. Perjanjian Hudaibiyyah adalah sebuah perjanjian yang di
adakan di sebuah tempat di antara Madinah dan Mekkah pada bulan Maret 628 M atau pada bulan Dzul Qa’dah
tahun ke-6 hijriyah. Hudaibiyah itu sendiri adalah nama
sebuah tempat yang berjarak 22 km
sebelah barat daya Makkah, sisi-sisinya termasuk perbatasan tanah haram Makkah
dan sebagian besar tidak termasuk.
2. Pada tahun 628 M/ 6 H. Ketika ibadah haji telah
disyari’atkan, nabi beserta sekitar 1400 Muslim
berangkat ke Mekkah untuk
melaksanakan ibadah haji bukan untuk berperang. Karena itu mereka tidak membawa
senjata. Rasulullah menyeru orang-orang
Arab para penduduk desa yang berada di sekitar Madinah untuk keluar bersamanya,
sehingga mereka menuju Makkah dalam jumlah yang banyak. Sebab
beliau khawatir jika orang-orang Quraisy akan menghalangi dan memerangi mereka
sebelum tiba di Baitullah. Tetapi banyak juga dari penduduk
desa ini yang merespon panggilan ini dengan lambat bahkan menolaknya. Lalu
beliau keluar bersama kaum Muhajirin, Anshor dan kabilah-kabilah Arab lainnya.
3. Kesediaan
orang-orang Makkah untuk berunding dan membuat perjanjian dengan kaum muslimin
itu benar-benar merupakan kemenangan diplomatik yang besar bagi umat islam.
Dengan perjanjian, harapan untuk mengambil alih Ka’bah dan Makkah sudah makin
terbuka untuk merebut dan menguasai Makkah agar dapat menyiarkan Islam
kedaerah-daerah lain, ini merupakan target utama beliau.
4. Dua faktor
tersebut adalah:
a.
Makkah adalah pusat keagamaan bangsa Arab dan melalui konsolidasi
ini, Islam bisa tersebar keluar.
b.
Apabila suku nabi sendiri dapat diislamkan, Islam akan mendapat
dukungan yang kuat karena orang-orang Quraisy mempunyai kekuasaan dan pengaruh
yang besar
5.
Tidak diragukan lagi bahwa Perjanjian Hudaibiyah adalah suatu
kemenangan yang nyata. Sejarah pun mencatat bahwa isi perjanjian ini adalah
suatu hasil politik yang bijaksana dan pandangan yang jauh, yang besar sekali
pengaruhnya terhadap masa depan Islam dan masa depan orang-orang Arab itu
semua. Ini adalah yang pertama kali pihak Quraisy mengakui Muhammad, bukan
sebagai pemberontak terhadap mereka, melainkan sebagai orang yang tegak sama
tinggi duduk sama rendah. Dan sekaligus mengakui pula berdirinya dan adanya
kedaulatan Islam itu. Kemudian juga suatu pengakuan bahwa Muslimin pun berhak
berziarah ke Ka’bah serta melakukan ibadah haji, bahwa Islam adalah agama yang
sah diakui sebagai salah satu agama di jazirah itu. Selanjutnya gencatan
senjata yang selama sepuluh tahun membuat pihak Muslimin merasa lebih aman dari
jurusan selatan tidak kuatir akan mendapat serangan Quraisy, yang juga berarti
membuka kesempatan bagi Negara Islam Madinah untuk berkonsentrasi menyebarkan
dakwah Islam ke arah utara Jazirah Arab.
5.Fathul Makkah
SOAL
1.
Jelaskan apakah itu fathul makkah?
2.
Jelaskan bagaimana kronologi terjadinya fathul
makkah?
3.
Jelaskan apa tujuan diadakannya fathul makkah?
4.
Siapa sajakah yang menemani rasulullah
berangkat ke mekkah?
5.
Apa saja pesan rasulullah setelah membagi
pasukannya yang akan menaklukkan kota mekkah?
JAWABAN
1. Fathul
Mekkah (penaklukan kota Mekkah), yaitu peristiwa jatuhnya kota Mekkah kepada
kaum muslimin dan pengampunan Rasulullah SAW terhadap kaum Quraisy.
2. Fathul
Mekkah terjadi akibat dari penghianatan kaum Quraisy yakni melanggar perjanjian
Hudaibiyah. Sebab terjadinya adalah orang-orang Bani Bakar meminta bantuan
senjata pada para tokoh Quraisy untuk menyerang orang-orang Khuza'ah yang telah
menyatakan diri untuk bergabung dengan kaum Muslimin. Padahal dalam perjanjian Hudaibiyah, kaum manapun mendapat perlindungan
untuk memilih keyakinan dalam menentukan jalan hidupnya.
Orang-orang Khuza'ah dikepung sehari semalam oleh orang-orang Bani Bakar dan akhirnya 20 orang suku Khuza'ah terbunuh. Peristiwa ini disampaikan oleh Amr bin Salim Al-Khuzai kepada Rasulullah. Setelah mendengar berita duka tersebut Rasulullah menyiapkan pasukan untuk melakukan pembebasan terhadap kota Mekkah yang di kenal dengan peristiwa Fathul Mekkah.
Orang-orang Khuza'ah dikepung sehari semalam oleh orang-orang Bani Bakar dan akhirnya 20 orang suku Khuza'ah terbunuh. Peristiwa ini disampaikan oleh Amr bin Salim Al-Khuzai kepada Rasulullah. Setelah mendengar berita duka tersebut Rasulullah menyiapkan pasukan untuk melakukan pembebasan terhadap kota Mekkah yang di kenal dengan peristiwa Fathul Mekkah.
3. Tujuan diadakannya fathul makkah adalah:
a. Memberikan pelajaran terhadap kaum Quraisy
tentang pentingnya sebuah perjanjian.
b. Membersihkan kota
Mekkah dari kemusyrikan
c. Membebaskan umat manusia dari kemusyrikan dan
kembali dengan menyembah Allah.
4. Rasulullah
berangkat ke Mekkah disertai kaum muslimin yang terdiri dari kaum Anshor,
Muhajirin, Bani Aslam, Bani Mazinah, Bani Ghifar, Bani Jahinah dan berjumlah
10.000 orang. Jumlah tersebut
ditambah dengan kaum-kaum yang ikut bergabung selama melakukan perjalanan ke
kota Mekkah.
5. Adapun pesan rasulullah adalah:
a. Tidak boleh melakukan
pertengkaran atau peperangan di kota Mekkah. Karena
kota Mekkah adalah tanah Haram. Kecuali untuk mempertahankan diri.
b. Ketika memasuki kota
Mekkah, hendaknya meneriakkan takbir sebagai simbol kemenangan dan keselamatan
7.Sistem Pemerintahan Pada Masa Khulafa Ar-Rasyidin
SOAL
1. Apa alasan dipilihnya khulafaur rasyidin sebagai pengganti rasulullah?
2. Jelaskan bagaimana faktor keberhasilan yang dicapai khalifah Abu Bakar?
3. Perkembangan apa saja yang dicapai pada masa pemerintahan umar bin
khattab,jelaskan?
4. Perkembangan apa sajakah yang terjadi pada masa khalifah utsman bin affan?
5. Apa yang terjadi pada peristiwa tahkim pada masa Ali bin Abi Thalib?
JAWABAN
1.
Karena empat orang khalifah pertama agama Islam, yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad setelah ia wafat. Empat orang tersebut adalah para sahabat dekat Muhammad yang tercatat paling dekat dan paling dikenal dalam membela ajaran yang
dibawanya di saat masa kerasulan Muhammad. Keempat khalifah tersebut dipilih
bukan berdasarkan keturunannya, melainkan berdasarkan konsensus bersama umat
Islam.
2.
Keberhasilan yang dicapai Abu Bakar adalah Pada
saat itu kondisi sosial mayarakat menjadi stabil dan dapat mengamankan tanah
Arab dari pembangkang dan penyelewengan seperti orang murtad, para nabi palsu
dan orang-orang yang enggan membayar zakat.Selain itu keadaan kaum muslimin
menjadi tenteram, tidak khawatir lagi beribadah kepada Allah. Perkembangan dagang dan hubungan bersama kaum muslim yang berada di luar
Madinah keadaannya terkendali dan terjalin dengan baik. Selain itu juga
kemajuan yang dicapai adalah Pembukuan Al-Qur’an.
3.
Diantara perkembangan yang ada pada masa Khalifah
Umar adalah :
a. Pemberlakuan
Ijtihad
b. Menghapuskan
zakat bagi para muallaf
c. Mengahpuskan
hukum mut’ahLahirnya ilmu Qira’at
d. Penyebaran
Ilmu Hadits
e. Menempa
mata uang danmenciptakan tahun Hijriah
4. Diantara perkembangan
yang ada pada masa Khalifah Ustman adalah :
§
Penaskahan Al-Qur’an
§
Perluasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram
§
Didirikannya masjid Al-Atiq di utara benteng babylon
§
Membangun Pengadilan
§
Membnetuk Angkatan Laut
- Membentuk Departemen: Dewan kemiliteran ,Baitrul Mall, Jawatan Pajak , Jawatan Pengadilan.
5. Konflik politik antara
Ali Bin Abi Thalib dan Muawiyyah ibn Sufyan di akhiri dengan tahkim, dalam
tahkim tersebut pihak ali bin abi thalib dirugikan oleh pihak muawiyyah,karena
kecerdikan amr bin ash yang dapat mengalahkan abu musa al asy’ari. Pendukung
ali lalu terpecah menjadi dua yaitu kelompok yang secara terpaksa menghadapi
hasil tahkim,dan mereka tetap setia mendukung ali,sedangkan kelompok yang kedua
adalah kelompok yang menolak hasil tahkim dan kecewa terhadap kepemimpian
ali,mereka menyatakan keluar dari kepimpinan ali.
8.Sistem Pemerintahan Pada Masa Dinasti Umayyah
SOAL
1.
Jelaskan latar belakang sejarah lahirnya Bani Umayyah?
2.
Coba tuliskan nama-nama khalifah Bani Umayyah di Damaskus?
3.
Jelaskan kemajuan yang dicapai dinasti Bani Umayyah?
4.
Jelaskan faktor apa yang menyebabkan mundur nya bani Umayyah?
5.
Jelaskan bagaimana sisitem pemerintahan Bani Umayyah?
JAWABAN
1.
Nama daulah Umayyah berasal dari nama Umayyah Ibn ‘Abdi Syams Ibn ‘Abdi
Manaf, yaitu salah seorang dari pemimpin kabilah Quraisy pada zaman
jahiliyah. Bani Umayyah baru masuk agama Islam setelah mereka tidak
menemukan jalan lain selain memasukinya, yaitu ketika Nabi Muhammad bersama
beribu-ribu pengikutnya yang benar-benar percaya terhadap kerasulan dan
kepemimpinan beliau menyerbu masuk ke dalam kota Makkah.
Memasuki tahun ke 40 H/660 M, banyak sekali pertikaian politik dikalangan ummat Islam, puncaknya adalah ketika terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib oleh Ibnu Muljam. Pembunuh tersebut disinyalir dari golongan Khawarij yang merasa bahwa perpecahan ummat Islam adalah disebabkan oleh tiga orang, yaitu: Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah, dan ‘Amr bin al ‘Ash.
Setelah khalifah terbunuh, kaum muslimin diwilayah Irak mengangkat al-Hasan putra tertua Ali sebagai khalifah yang sah. Sementara itu Muawiyah sebagi gubernur propinsi Suriah (Damaskus) juga menobatkan dirinya sebagai Khalifah.
Memasuki tahun ke 40 H/660 M, banyak sekali pertikaian politik dikalangan ummat Islam, puncaknya adalah ketika terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib oleh Ibnu Muljam. Pembunuh tersebut disinyalir dari golongan Khawarij yang merasa bahwa perpecahan ummat Islam adalah disebabkan oleh tiga orang, yaitu: Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah, dan ‘Amr bin al ‘Ash.
Setelah khalifah terbunuh, kaum muslimin diwilayah Irak mengangkat al-Hasan putra tertua Ali sebagai khalifah yang sah. Sementara itu Muawiyah sebagi gubernur propinsi Suriah (Damaskus) juga menobatkan dirinya sebagai Khalifah.
2.
Nama-nama khalifah Bani umayyah adalah:
1.
Muawiyah I bin Abu Sufyan, 41-61H/661-680M
2.
Yazid I bin Muawiyah ,61-64H/680-683M
3.
Muawiyah II bin Yazid,64-65H/683-684M
4.
Marwan I bin al-Hakam, 65-66 H / 684-685 M
5.
Abdul-Malik bin Marwan, 66-86 H / 685-705 M.
6.
Al-Walid I bin Abdul-Malik, 86-97 H / 705-715 M
7.
Sulaiman bin Abdul-Malik, 97-99 H / 715-717 M
8.
Umar II bin Abdul-Aziz, 99-102 H / 717-720 M
9.
Yazid II bin Abdul-Malik, 102-106 H / 720-724 M
10.
Hisyam bin Abdul-Malik, 106-126 H / 724-743 M
11.
Al-Walid II bin Yazid II, 126-127 H / 743-744 M
12.
Yazid III bin al-Walid, 127 H / 744 M
13.
Ibrahim bin al-Walid, 127 H / 744 M
14.
Marwan II bin Muhammad (memerintah di Harran, Jazira), 127-133 H /
744-750M
3.
Pada masa kekuasannya yang hampir satu abad, dinasti ini mencapai banyak
kemajuan. Dintaranya adalah: kekuasaan territorial yang mencapai wilayah Afrika
Utara, India, dan benua Eropa, pemisahan kekuasaan, pembagian wilayah kedalam
10 provinsi, kemajuan bidang administrasi pemerintahan dengan pembentukan
dewan-dewan, organisasi keuangan dan percetakan uang, kemajuan militer yang
terdiri dari angkatan darat dan angkatan laut, organisasi kehakiman, bidang
sosial dan budaya, bidang seni dan sastra, bidang seni rupa, bidang arsitektur,
dan dalam bidang pendidikan.
4. . Kemunduran dan
kehancuran Dinasti Bani Umayyah disebabkan oleh banyak faktor, dinataranya
adalah: perebutan kekuasaan antara keluarga kerajaan, konflik berkepanjagan
dengan golongan oposisi Syi’ah dan Khawarij, pertentangan etnis suku Arab Utara
dan suku Arab Selatan, ketidak cakapan para khalifah dalam memimpin
pemerintahan dan kecenderungan mereka yang hidup mewah, penggulingan oleh Bani
Abbas yang didukung penuh oleh Bani Hasyim, kaum Syi’ah, dan golongan Mawali.
5. Sistem pemerintahan
Dinasti Bani Umayyah diadopsi dari kerangka pemerintahan Bizantium, dimana ia
menghapus sistem tradisional yang cenderung pada kesukuan. Pemilihan khalifah
dilakukan dengan sistem turun temurun atau kerajaan, hal ini dimulai oleh
Umayyah ketika menunjuk anaknya Yazid untuk meneruskan pemerintahan yang
dipimpinnya pada tahun 679 M.
9.Pola dan Pengembangan Wilayah Pada masa Khulafa’ al-Rayidin
1. Apakah faktor-faktor
yang melatarbelakangi timbulnya konflik antara umat Islam dengan bangsa Romawi?
Jawabannya: factor-faktor tersebut adalah karena: pertama, bangsa Romawi
dan Persia tidak menaruh hormat terhadap maksud baik islam; kedua, semenjak
Islam masih lemah, Romawi dan Persia selalu berusaha menghancurkan Islam;
ketiga, bangsa Romawi dan Persia bersikap ceroboh menghasut suku-suku badui
untuk menentang pemerintahan Islam dan mendukung musuh-musuh Islam; dan
kelima,letak geografis kekuasaan Romawi dan Persia sangat strategis untuk
kepentingan keamanan dan pertahanan islam.
2. Bagaimanakah system
pemerintahan ketika Usman Bin affan menjabat sebagai Khalifah?
Jawabannya: Masa pemerintahan Utsman bin Affan
termasuk yang paling lama dibandingkan dengan khalifah lainnya, yaitu selama 12
tahun, Pemerintah khalifah Ustman Ibn Affan mengalami masa kemakmuran dan
berhasil dalam beberapa tahun pertama pemerintahannya. Ia melanjutkan
kebijakan-kebijakan Khalifah Umar. Pada separuh terakhir masa pemerintahannya,
muncul kekecewaaan dan ketidakpuasaan dikalangan masyarakat karena ia mulai
mengambil kebijakan yang berbeda dari sebelumnya.
3. Apakah yang menyebabkan
terjadinya pemberontakan Thalhah pada masa kepemimpinan Ali ibn Abi Thalib?
Jawabannya: penyebab terjadinya pemberontakan tersebut adalah karena Ali
Ibn Abi Thalib tidak mau menghukum para pembunuh Usman dan mereka menuntut
bela’ terhadap daerah Usman yang telah ditumpahkan secara dhalim. Perang ini
dikenal dengan nama perang jamal. Bersamaan dengan itu,
kebijaksanaan-kebijaksanaan Ali Ibn Abi Thalib juga mengakibatkan timbulnya
perlawanan dari gubernur di Damaskus, Muawiyah.
4. Sejak kapankah
pengembangan kekuasaan Islam berkembang pesat di masa Khulafa Al-Rasyidin?
Jawabannya: pengembangan kekuasaan islam berkembang pesat dimulai dari
timbulnya konflik antara umat Islam dengan Persia yang pada akhirnya mendorong
umat Islam mengadakan penakhlukan negeri
romawi dan persia, serta negeri-negeri jajahannya.
11.Dinasti
Umayyah Di Andalusia
SOAL
1.
Jelaskan kapan islam masuk ke Andalusia?
2.
Jelaskan bagaimana perkembangan islam di Andalusia/spanyol?
3.
Kemajuan-kemajuan apa sajakah yang dicapai pada masa itu?
4.
Apa penyebab kehancuran dinasti umayyah di Andalusia?
5.
Faktor apa yang mendukung
proses penguasaan islam atas spanyol?
JAWABAN
1.
Pada awal abad ke-8 Masehi, para pendatang baru berdatangan baru
berdatangan ke daratan Erofa (spanyol). Pendatang tersebut adalah bangsa arab,
yang membawa agama islam, sejak Ekspansi Bani Umayyah Spanyol pada tahun 711 M.
Yang di pimpin oleh Thariq bin Ziyad. Spanyol menjadi bagian wilayah kekuasaan
islam, umat islam berkuasa di Spanyol hampir delapan abad, yaitu dari tahun
711-1492 M.
2.
Perkembangan islam masuk ke Spanyol melalui beberapa periode yaitu:
a. Periode Pertama
(711-755)Pada periode
ini, spanyol berada dibawah pemerintahan paraq wali yang diangkat oleh khalifah
bani umayyah yang berpusat di Damaskus.
b. Periode Kedua
(755-912 M )Pada periode
ini, Spanyol berada dibawah pemerintahan seorang yang bergelar amir
(panglima atau gubernur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan islam
yang ketika itu dipegang oleh khalifah Abbasiyah di Bagdad. Amir pertama adalah Abdurrahman 1, yang
memasuki Spanyol tahun 138H/755 M
dan diberi gelar Al-Dakhil (yang masuk ke Spanyol).
c. Periode Ketiga
(912-1013 M)Periode ini
berlangsung mulai dari pemerintahan Abd Al-Rahman III yang bergelar “An-Nasir”
sampai munculnya “raja-raja kelompok” yang dikenal dengan sebutan Muluk
al-Thawaif. Pada periode ini,
Spanyol diperintah oleh penguasa dengan gelar khalifah.
d. Periode keempatPada periode ini,
spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil dibawah
pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulukuth-Thawaif, yang berpusat disuatu
kota seperti Seville,Cordova, Toledo, dan sebagainya.
e. Periode kelima
(1086-1248 M) Pada periode ini, Spanyol islam meskipun masih terpecah dalam
beberapa negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan
dinasti Murabithun (1086-1143 M) dan dinasti Muwahhidun (1146-1235).
f. Periode Keenam (1248-1492
M)Pada periode
ini, islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah dinasti bani Ahmar
(1232-1492). Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti di zaman
Abdurrahman An-Nasir.
3.
Kemajuan-kemajuan yang dicapai adalah dalam bidang:
a.
Filsafat
b.
Sains
c.
Bahasa
d.
Sastra dan Musik
e.
Sejarah dan Geografi
f.
Fiqh
g.
Kemajuan Pembangunan Fisik
4.
Ada beberapa faktor penyebab kemunduran yang akhirnya membawa
kehancuran islam di spanyol:
Ø
Munculnya Khalifah-Khalifah yang lemah
Ø
Konflik antara Islam dan kristen
Ø
Munculnya Muluk Ath-Thawaif
Ø
Kemerosotan Ekonomi
Ø
Sistem Peralihan Kekuasaan yang tidak Jelas
5.
Faktor yang mendukung islam atas penguasaan spanyol adalah:
a.
sikap penguasa Ghotic yang tidak toleran terhadap aliran agama yang
berkembang pada saat itu
b.
Perselisihan antara Raja Roderick dengan Witiza
c.
Tentara Roderick tidak mempunyai semangat perang.
12.KEHIDUPAN BERAGAMA PADA MASADINASTI UMAYYYAH
Soal
1.
Dimana sajakah
pusat pendidikan pada masa
Dinasti Umayyah?
2.
Apa saja ilmu-ilmu
yang berkembang pada masa dinasti Umayyah?
3.
Sebutkan madrasah-madrasah yang ada pada masa Bani
Umayyah?
4.
Tokoh-tokoh pendidikan pada masa
Bani Umayyah terdiri dari ulama-ulama yang menguasai bidangnya masing-masing
seperti dalam bidang tafsir,
hadist, dan Fiqh dan juga bahasa/sastra, sebutkan?
5.
Pada masa dinasti Umayyah hadits-hadits belumlah dibukukan,
bagaimana cara meriwayatkan hadits pada masa itu?
Jawab
-
Pada masa Dinasti Umayyah pendidikan berpusat di Damaskus, Kufah, Mekkah, Madinah, Mesir,
Cordova dan beberapa kota lainnya, seperti: Basrah dan Kuffah (Irak), Damsyik
dan Palestina (Syam), Fistat (Mesir).
-
Ilmu-ilmu yang
berkembang pada masa dinasti Umayyah, yaitu:
a.
Kedokteran
b.
Filsafat
c.
Astronomi atau perbintangan
d.
Ilmu pasti
e.
Sastra
f.
Seni baik itu seni bangunan, seni rupa, amuoun seni suara.
-
Madrasah-madrasah yang ada pada masa
Bani Umayyah adalah sebagai berikut:
1.
Madrasah Mekkah
2.
Madrasah Madinah
3.
Madrasah Basrah
4.
Madrasah Kufah
5.
Madrasah Damsyik (Syam)
6.
Madrasah Fistat (Mesir)
4.
Tokoh-tokoh pendidikan pada masa
Bani Umayyah itu adalah:
-
Ulama-ulama tabi’in ahli tafsir,
yaitu: Mujahid,
‘Athak bin Abu Rabah, ‘Ikrimah, Sa’id bin Jubair, Masruq bin
Al-Ajda’, Qatadah.
-
Ulama-ulama Hadist: Ulama-ulama sahabat yang banyak meriwayatkan hadis-hadis ialah: Abu
Hurairah (5374 hadist), ‘Aisyah (2210 hadist), Abdullah bin Umar (± 2210
hadist), Abdullah bin Abbas (± 1500 hadist), Jabir bin Abdullah (±1500 hadist),
Anas bin Malik (±2210 hadist)
-
Ulama-ulama ahli Fiqh: Ulama-ulama
tabi’in Fiqih pada masa bani Umayyah diantaranya adalah:, Syuriah bin
Al-Harits, ‘alqamah bin Qais, Masuruq Al-Ajda’,Al-Aswad bin Yazid
-
Ahli bahasa/sastra: Seorang ahli
bahasa seperti Sibawaih yang karya tulisnya Al-Kitab, menjadi pegangan dalam
soal berbahasa arab.
5.
Hadits-hadits diriwayatkan dari mulut ke mulut.
Dari mulut guru ke mulut muridnya, yaitu dari hafalan guru diberikannya kepada murid, sehingga menjadi hafalan murid pula dan begitulah seterusnya. Setengah sahabat
dan pelajar-pelajar ada yang mencatat hadist-hadist itu dalam buku catatannya,
tetapi belumlah berupa buku menurut istillah kita sekarang.
13.KEMAJUAN AGAMA ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH DI TIMUR
Soal
1.
Jelaskan
persamaan dan perbedaan daulah dinasti Umayyah dengan daulah dinasti Abbasiyah?
2.
Bagaimana
perkembangan ilmu hadits pada masa pemerintahan dinasti Abbasiyah?
3.
Bagaimana
perkembangan ilmu tafsir pada masa pemerintahan dinasti Abbasiyah?
4.
Sebutkan tokoh perumus pemikiran Mu'tazilah yang terbesar pada masa
pemerintahan dinasti Abbasiyah?
5.
Pada masa pemerintahan
dinasti Abbasiyah terjadi Islamisasi Masyarakat secara besar-besaran, dimana
dan jelaskan?
Jawab
1.
Daulah abbasiyah memiliki kesamaan dan perbedaan dengan daulah
umayyah. Seperti yang terjadi pada masa daulah umayyah, misalnya, para
bangsawan daulah abbasiyah cenderung hidup mewah dan bergelimang harta. Mereka
gemar memelihara budak belian serta istri pemeliharaan (harem). Kehidupan lebih
cenderung pada kehidupan duniawi ketimbang mengembangkan nilai-nilai agam
islam. Namun tidak dapat disangkal khalifah memiliki selera seni yang tinggi
serta taat beragama. Tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa daulah abbasiyah
mengalami pergeseran dalam mengembangkan pemerintahan. Sehingga dapat
dikelompokkan masa daulah abbasiyah menjadi lima periode sehubungan dengan
corak pemerintahan.
2.
Dalam bidang
hadits, pada masa ini hanya merupakan penyempurnaan, pembukuan dari catatan dan
hafalan para sahabat. Pada masa ini pula dimulainya pengklasifikasian hadits,
sehingga muncul yang namanya hadits dhaif, maudlu’, shahih serta yang lainnya.
3.
Dalam masa ini
ilmu metode tafsir mulai berkembang,
terutama dua metode penafsiran, yaitu tafsir bir ra’i dan tafsir bil ma’tsur .
4.
Tokoh perumus pemikiran Mu'tazilah yang terbesar adalah Abu
al-Huzail al-Allaf (135-235 H/752-849M) dan al-Nazzam (185-221 H/801-835M).
5.
Sebanyak 5.000
orang Kristen Banu Tanukh didekat Alleppo mengikuti perintah khalifah Al-Mahdi
untuk masuk Islam. Proses konversi secara normal berjalan lebih gradual, damai,
dan bersifat pasti.
14.MASA DINASTI UMAYYAH
DI ANDALUSIA
1.
Jelaskan bagaimana berdirinya Bani Umayyah di Andalusia?
Karena adanya ekspansi pasukan kaum muslimin kesemenanjung Lberia
(Andalusia), gerbang barat daya Eropa, dan serangan ini merupakan puncak
-ekspansi muslim kewilayah Afrika-Eropa. Berhasil memukul mundur pasukan
Bizantium selamanya dari wilayah barat kartago dan perlahan-lahan meluaskan
penaklukannya sampai ke Atlantik, sehingga memberikan batu loncatan kepada
islam untuk menyerang Eropa. Terdorong olrh keberhasilan Tharif, dan melihat adanya
konflik penguasa dikerajaan Spanyol Gotik Barat, juga didorong oleh hasrat
untuk memperoleh barang rampasan, bukan hasrat untuk menaklukkan, Musa mengutus
seorang budak, badar yang sudah dibebaskan, Thariq bin Ziyad pada tahun 711M,
ke Spanyol memimpin 7000 pasukan, yang sebagian besar terdiri dari orang-orang
Barbar. Thariq bin Ziyad berhasil menguasai hampir seluruh kota yang ada di
semenanjung Lberia atas bantuan Musa bin Nusyair. Tujuannya untuk menyebarkan
islam di Eropa, dan memasukkannya menjadi bagian pemerintahan islam.
Akhirnya Musa bin Nusyair mendekralasikan semenanjung Lberia
sebagai dari kekuasaan Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Beliau diberi
gelar Ad-dakhil, karena ia adalah pangeran Dinasti Umayyah pertama yang
menginjakkan kakiknya disemenanjung Lberia.
2.
Sebutkan dan jelaskan kemajuan apa saja yang terjadi di Andalusia
pada masa Dinasti Umayyah!
Dalam rentang waktu selama kurang lebih tujuh setengah abad, umat
islam di Spanyol telah mencapai kemajuan yang pesat. Baik dibidang ilmu
pengetahuan maupun kebudayaan. Berabagai disiplin ilmu berkembang pesat pada
masa itu. Hal ini ditandai dengan banyaknya bermunculan figur-figur ilmuwan
yang cemerlang dibidangnya masing-masing, dan sampai sekarang buah pikiran
mereka menjadi bahan rujukan para akademisi, baik dibarat maupun ditimur.
Adapun kemajuan dibidanng ilmu pengetahuan adalah:
1.
Filsafat
2.
Sains
3.
Bahasa sastra dan musik
4.
Sejarah dan geografi
5.
Fiqh
3.
Jelaskan penyebab terjadinya kemunduran dan kehancuran islam di
Andalusia?
a.
Munculnya khalifah –khalifah yang lemah .
Setelah Hakam
II wafat digantikan oleh Hisyam II yang berusia 11 tahun. Karena tidak mampu
mengendalikan roda pemerintahan, jalannya pemerintahan dikendalikan oleh
ibunya, dengan dibantu oleh Muhammad Ibn Abi umar yang bergelar Hajib Almansur
yang haus kekuasaan dan ambisius. Sejak saat itu khalifah hanya dijadikan
sebagai boneka oleh Almansur dan penggantinya.
b.
Konflik islam dan Kristen.
Pertentangan
islam dan Kristen tak pernah berhenti sampai jatuhnya kekuasaan islam. Orang
–orang slalu merasa bahwa kehadiran umat islam merupakan ancaman bagi mereka.
Setelah kekuasaan islam satu per satu kota-kota yang dikuasai umat islam jatuh
ke tangan umat Kristen.
c.
Munculnya Muluk Ath-Thawaif.
Secara politis
telah menjadi indikasi akan kemunduran islam di Spanyol, karena dengan
terpecahnya kekuasaan khalifah menjadi dinasti-dinasti kecil, kekuatan pun
terpecah –pecah dan lemah, keadaan ini mambuka peluang bagi penguasa provinsi
pusat untuk mempertahankan eksistensinya.
d.
Kemerosotan ekonomi.
Diparuh kedua
masa islam Spanyol, para penguasa mementingkan perkembangan fisik dengan
mendirikan bangunan-bangunan megah dan monumental. Selain itu, banyak anggaran
Negara yang terserap untuk membiayai tentara bayaran demi keamanan Negara.
e.
Sistem peralihan kekuasaan yang tidak jelas.
Adanya
perebutan kekuasaan antara elit penguasaan maupun antar putra mahkota.
Terjadinya perebutan kekuasaan ini menyebabkan perang antar elit atau keluarga
yang pada akhirnya dapat menggorogoti kekuatan dan stabilitas Negara.
15.DINASTI FATHIMIYAH
Soal
1.
Dimanakah pusat
pemerintahan Dinasti Fathimiyyah?
2.
Berapa lama
Dinasti Fathimiyyah berkuasa?
3.
Pada tahun 973
M pusat pemerintahan Dinasti Fathimiyyah dipindahkan ke Kairo, apa persiapan
awal yang dijalankan pertama sekali oleh khalifah?
4.
Bagaimana pola
pemerintahan yang dijalankan Dinasti Fathimiyyah?
5.
Sebutkan
dewan-dewan yang bertanggungjawab pada pemerintahan Dinasti Fathimiyyah?
Jawab
1.
Dinasti
Fathimiyyah berpusat di lembah Nil, Kairo.
2.
Kekhalifahan
ini berkuasa selama lebih kurang 203 tahun yaitu sejak tahun 909 sampai tahun
1171 M.
3.
Persiapan awal
yang dijalankan pertama sekali olehnya adalah:
a.
merangkul
kelompok yang ingin memberontak
b.
mempersiapkan
tentera untuk melakukan penyerangan
c.
membangun jalan
raya menuju ke Mesir
d.
menggali
sumur-sumur di pinggiran jalan raya menuju ke Mesir
e.
membangun rumah
tempat peristirahatan (tentera)
f.
mempersiapkan
dana (keuangan guna perbekalan bagi pasukan Fathimiyah.4 Sebagai Panglima yang
dipercayakan memimpin tentera pada penaklukan Mesir itu, Jauhar menjalankan
aksi politik Fathimiyah bagi penduduk Mesir yaitu dengan :
g.
memberikan
keyakinan kepada penduduk tentang kebebasan mereka menjalankan ibadah menurut
agama dan mazhab mereka.
4.
Pola
pemerintahan yang dijalankan Fathimiyyah mengikuti pola pemerintahan bani
Abbasiah di Bahgdad. Kepemimpinan dikonsentrasikan kepada Khalifah dan dibai'ah
lewat seremoni yang megah.
5.
Dinasti
Fathimiyyah terdiri atas 5 Dewan, yaitu:
a.
Dewan Insya',
bertanggung jawab pada pembangunan.
b.
Dewan Iradah al-Maliah, bertanggung jawab pada
bagian keuangan negara.
c.
Dewan Iradah al-Mahalliyah, urusan pemerintahan
Daerah.
d.
Dewan al-Jihad,
pada urusan pembangunan angkatan bersenjata
e.
Dewan Rasail, pelayanan Pos.
17.MASA
DAULAH BANI SALJUK
1.
Jelaskan awal terbentuknya bani saljuk!
Bani
Saljuk berasal dari beberapa kabilah kecil rumpun suku Ghuz di wilayah Turkistan.
Pada abad kedua, ketiga, dan keempat Hijrah mereka pergi ke arah barat menuju Transoxiana dan Khurasan.
Ketika itu mereka belum bersatu. Mereka dipersatukan oleh Saljuk ibn Tuqaq. Karena itu, mereka disebut
orang-orang Saljuk. Pada mulanya Saljuk ibn Tuqaq Rahimahullah mengabdi
kepada Bequ, raja daerah Turkoman yang meliputi wilayah sekitar laut Arab
dan laut Kaspia.
2.
Sebutkan
kesultanan bani saljuk sepeninggal Thugril Bek Rahimahullah!
Daulah
Saljuk berturut-turut diperintah oleh :
1.
Alib Arselan Rahimahullah (455-465 H/1063-1072),
2. Maliksyah
(465-485 H/1072-1092),
3.
Mahmud al- Ghozi (485-487 H/1092-1094 M),
4. Barkiyaruq
(487 -498 H/1 094-1103),
5. MalikSyah
II (498 H/ 1103 M),
6. Abu
Syuja’ Muhammad (498-511 H/11 03-1117 M),dan
7. Abu
Haris Sanjar (511-522H/1117-1128 M).
3.
Kejayaan seperti apakah yang bisa dilakukan oleh daulah bani
saljuk?
Kesultanan
Saljuk telah ikut membangkitkan semangat ilmiyah di wilayah yang menjadi
kekuasaannya. Mereka juga telah mampu menyebarkan rasa aman diwilayah
itu.Mereka mampu menghadang gerakan salibisme yang di pimpin Imperium
Byzantium,sebagaimana mereka juga telah berusaha untuk menghadang gelombang sebuah
Mongolia. Mereka mampu mengangkat tinggi-tinggi panji-panji Madzhab Sunni di
wilayah wilayah kekuasaanya.
4.
Apa
gunanya bani saljuk membangunn makam yang megah yang terkenal dengan makam
model bani saljuk?
Bangunan
makam yang megah dibangun pada era Saljuk tak hanya ditujukan untuk menghormati
para penguasa yang sudah meninggal. Namun, para ulama dan sarjana atau ilmuwan
terkemuka pun mendapatkan tempat yang sama.
5.
Apa
factor penyebab mundurnya daulah bani saljuk?
Faktor
– fator itu antara lain:
1.
Perselisihan
yang terjadi di dalam keluarga Saljuk antara saudara mereka, paman, keponakan
dan cucu.
2.
Masuknya
pengaruh kaum wanita dalam pemerintahan.
3.
Dimunculkan
api fitnah oleh para pejabat dan menteri.
4.
Lemahnya
para Khalifah Bani Abbas dalam menghadapi kekuatan militer Saljuk. Sehingga
pemerintahan Bani Abbas tidak mampu menolak siapapun yang duduk di kursi
kesultanan Saljuk dan mendengungkan khutbah untuk semua pemenang yang kuat.
5.
Ketidak
mampuan pemerintahan Saljuk dalam menyatukan wilayah Syam, Mesir dan Irak di
bawah panji kekuasaan Bani Abbas.
6.
Terjadinya
friksi di dalam kekuasaan Saljuk sehingga menimbulkan bentrokan militer yang
terus menerus. Inilah yang menghancurkan kekuatan Saljuk hingga dia harus
kehilangan kesultanannya di Irak.
7.
Konspirasi
orang – orang aliran Bathiniyah terhadap kesultanan Saljuk yang mereka lakukan
dengan cara membunuh dan menghabisi para sultan dan pemimpin – pemimpin mereka.
8.
Perang
Salib yang datang dari belakang samudera serta pertempuran kesultanan Saljuk
dengan pasukan Barbarik yang berasal dari Eropa.
18.PELAPISAN SOSIAL MENURUT AJARAN
ISLAM
1.
Apa
yang dimaksud dengan pelapisan sosial?
Pelapisan sosial adalah tingkatan-tingkatan kedudukan manusia dalam
suatu lingkungannya. Dalam agama hindu ada dinamakannya kasta yang terdiri dari
brahmana, priyayi, dan kesatria.
2.
Bagaimana pelapisan masyarakat dalam ajaran islam?
Manusia sebagai
makhluk sosial, posisi atau kedudukan di antara manusia yang lain, dalam
pandangan Islam di butuhkan oleh hal-hal yang di perolehnya sebagai hasil
proses belajar yaitu keimanan dan amalnya. Sataus sosial yang di perolehnya
berdasar status yang di upayakan ikhtiar atau achieved status.
Islam lebih menghargai hal-hal yang diperoleh dengan ikhtiar. Bahwa iman perlu
di manifestasikan dalam bentuk takwa. Dan Allah SWT memandang ketakwaan
merupakan hal yang menetukan derajat manusia sebagai makhlik sosial.
3.
Bagaimana stratifikasi
masyarakat dalam islam?
Stratifikasi umat Islam berdasarkan
ketaqwaan digambarkan Allah sebagai berikut:
a. Golongan Nabi
b. Golongan Orang yang Shidiq.
a. Golongan Nabi
b. Golongan Orang yang Shidiq.
Contoh sahabat Nabi yang dapat gelar
Ash-Shiddiq: Abu Bakar.
c. Golongan Orang yang Mati Syahid
d. Golongan Orang yang Sholih.
c. Golongan Orang yang Mati Syahid
d. Golongan Orang yang Sholih.
4.
Bagaimana
keadaan masyarakat arab dalam pelapisan masyarakat pra islam?
Pada zaman pra-Islam --sering disebut
masa Jahiliyyah-- terdapat dua stratifikasi sosial yang timpang, yaitu
masyarakat kelas atas (elit) yang hegemonik --baik secara sosial, politik
maupun ekonomi-- dan masyarakat kelas bawah (subordinate) yang tak berdaya.
Demikianlah setting sosial-politik yang terjadi pada masyarakat Arab
(Makkah-Madinah) pra-Islam.
19.Kedudukan Wanita Dalam Rumah Tangga
1.
Apa sebenarnya kodrat seorang wanita?
Wanita memiliki kesamaan dalam berbagai hak dengan pria, namun
sebagai wanita ia memiliki kodrat dan berbagai keterbatasan dibanding
laki-laki. Menurut Yusuf Qardhawy, wanita telah disiapkan Allah memiliki perasaan yang
sensitif untuk mendukung tugas-tugas keibuannya. Rumah tangga sebagai kerajaan
kecil dari suatu keluarga, memang sudah selayaknya dipimpin oleh seorang pria.
2.
Apa saja yang menjadi fungsi dan tugas wanita yang sesuai dengan
kodratnya?
-Sebagai Kepala Rumah
Tangga
Kepemimpinan dan tugas-tugas
keluarga itu lebih banyak dilakukan oleh pihak wanita. Dengan kelemah-lembutannya, seorang wanita
sebagai ibu rumah tangga dapat berperan sebagai faktor penyeimbang kaum pria
dalam kehidupan keluarga. Wanita dapat mengerjakan apa yang tidak dapat
(sempat) dikerjakan oleh pria, seperti mengatur urusan rumah tangga, memasak,
mengasuh, mendidik anak-anak menyiapkan keperluan suami maupun anak-anaknya,
dan sebagainya.
-Sebagai ibu dari
anak-anaknya
Sebagai seorang wanita, belum sempurna statusnya sebagai seorang
istri, bila belum memiliki anak. Hamil dan melahirkan anak-anak adalah anjuran
agama. Wanita juga ikut bertanggung jawab untuk mendidik anaknya dengan baik,
agar ia cerdasdan berakhlak baik, sehingga menjadi manusia yang berkualitas.
Anak yang cerdas dan berbudi pekerti
baik (berkualitas) tidak mungkin akan hidup terlantar dan menjadi beban bagi
orang lain di kemudian hari.
3.
Menurut islam bagaimanakah wanita ideal utuk di peristri?
Dalam islam lebih menekankan dalam mencari calon istri yang solehah
dan cerdas, agar kelak bisa menjadi istri yang paham akan perannya sebagai
istri dan ibu yang baik dalam mendidik
anak-anaknya, sehingga tercipta generasi yang baik dan melahirkan keluarga yang
sakinah mawaddah wa rahmah.
4.
Bagaiman menurut anda potret wanita kontemporer seperti sekarang
ini, apakah mereka telah melaksanakan perannya dengan baik?
Kebanyakan sekarang kaum wanita lupa akan perannya sebagai seorang
istri, wanita sekarang lebih mengagungkan kesuksesaannya diluar dari pada
kesuksesaannya dalam berumah tangga. Dalam islam, wanita dibolekan bekerja dan
berkarier atas izin suami, tetapi harus bisa menyeimbangkan kegiatan diluar dan
melaksanakan tugas sebagai istri yaitu mengurus rumah tangga dan mendidik
anak.
5.
Bagaimanakah kedudukan wanita dalam rumah tangga dalam pandangan
islam?
Kedudukan
wanita dalam rumah tangga menurut islam begitu sangat dimuliakan, karena dalam
islam wanita juga memiliki peran yang penting dalam rumah tangga yang sama
seperti kaum laki-laki yang memiliki tangung jawab pada keluarganya. Rumah
tangga sebagai kerajaan kecil dari suatu keluarga, memang sudah selayaknya di
pimpin oleh seorang pria.
20.Pusat-pusat Perdagangan atau perekonomian pada masa Dinasti Abbasyiah
SOAL
1.
Tuliskan rute-rute perjalanan dagang yang dilalui saudagar dalam
kegiatan dagang pada masa dinasti abbasiyah?
2.
Bidang industri apa saja kah yang sangat terkenal dan berkembang
pada masa dinasti abbasiyah?
3.
Usaha apa yang dilakukan untuk memajukan perdagangan pada masa
abbasiyah?
4.
Barang-barang dagangan apa saja yang diimpor pada saat itu?
5.
Bagaimana gambaran perkembangan ekonomi pada masa dinasti
abbasiyah?
JAWABAN
1.
Adapun rute-rute perjalanan dagang yang dilalui pada saat itu
adalah
a.
Dari barat ke
timur via Mesir, memakai rute ini Kebanyakan para pedagang Yahudi yang menjadi
mitra usaha saudagar muslim dan Irak. Di istahan mereka mempunyai perkampungan
dagang yang disebut Havi Yahudi (lorong Yahudi)
b.
Dari Eropa ke
Timur Via Antiokh terus ke Baghdad melalui sungai efrat, kemudian teluk Persi,
Yaman, India dan China
c.
Dari utara
Rusia ke timur melalui laut Kaspia kemudian ke Marx, Balk, Bukhara, Samarkhand,
Transoxiana, dan China
d.
Jalur darat
dari Eropa ke timur dimulai dari Andalusia, melalui Jabal Tarik ke Maroko,
Tunisia, Mesir, Damaskus, Irak (Baghdad, Basrah, dan Kuffah) lalu ke Iran,
Kirman, India dan berakhir di China. Para saudagar muslim yang berniaga lewat
jalur ini sekarang disebut silk road (jalur sutra). Disebut demikian karena
salah satu barang dagangan yang diangkut berupa sutra.
e.
Jalur laut dan
Teluk Persi, Gujarat, Selat Malaka, Jawa, Laut China ke Kanton (China)
2.
Bidang industri yang berkembang saat itu adalah:
a. Industri gelas dan tembikar
b. Industri tekstil dan tenun terdapat di Myat,
Kabul, Transoxiana, Maroko Andalus, Merx dan Mesir mosul sejak awal terkenal
dengan pembuatan permadani yang khas, sedangkan kain kepala dari sutra yang
hingga kini dikenal dengan sebutan kufiah, Damaskus terkenal dengan pembuatan
kain Dumas yang disulami dengan benang emas dan kain-kain tirai yang dibuat
dari pintalan sutra.
c. Kertas telah lama dikenal orang di Cina. Ketika
Samarkhand ditaklukkan kaum muslimin (704 M), di kota ini terdapat pabrik
kertas tulis yang diproduksinya sangat halus dan bagus, pada akhir ke 8 M.
Baghdad telah memiliki pabrik kertas tersendiri. Dari kaum muslimin di Spanyol
bangsa Eropa mengenal kertas abad ke 12 dan 13 M
d. Industri pertimbangan, penggalian perak,
kuningan, timah, dan besi terdapat di daerah Afrika dan Andalus.
e. Penggilingan gula tebu menyebar di sebelah barat
daya Persia, Basrah, dan Tusthat, begitu juga pengolahan minyak jaitun yang
menjadi pelezat makanan terdapat di Andalus Maroko dan Mesir.
f.
Selain jenis
industri yang tercantum di muka dinasti Abbasiyah menggalakan industri
pembuatan lilin, sabun kerajinan kulit, galangan kapal perang dan lain-lain
3.
Untuk memajukan
usaha perdagangan nasional maupun Internasional, para khalifah Menempuh
beberapa usaha antara lain: memperbanyak jumlah sumur-sumur dan tempat
peristirahatan para khalifah dagang yang Menempuh rute daratan dan kemudian
mendirikan menara-menara, pengontrol armada laut dan membentuk pasukan
pengamanan untuk kebutuhan perdagangan jalur laut.Para saudagar, terutama yang
berniaga melalui jalur darat dan Asia barat dan tengah hingga ke daratan Cina
dan India sangat besar jasanya dalam menyebarkan agama Islam di wilayah-wilayah
yang dikunjunginya.
4.
Pada masa dinasti abbasiyah barang dagangan yang mampu diimpor
adalah: rempah-rempah, kapur barus,dan sutra, gading, kayu eboni, dll.
5. Gambaran keadaan perkembangan
ekonomi pada saat itu adalah yang mana Ekonomi imperium Abbasiyah digerakkan
oleh perdagangan. Sudah terdapat berbagai macamindustri sepertikain linen di
mesir, sutra darisyiria dan irak, kertas dari samarkand, serta berbagai
produk pertanian sepertigandum dari mesir dan kurma dari iraq. Hasil-hasil
industri dan pertanian ini diperdagangkan ke berbagai wilayah kekuasaan
Abbasiyahdan Negara lain.Karena industralisasi yang muncul di perkotaan ini,
urbanisasi tak dapat dibendung lagi. Selain itu, perdagangan barang tambang
juga semarak. Emas yang ditambang dari Nubia dan Sudan Barat
melambungkan perekonomian Abbasiyah.Perdagangan dengan wilayah-wilayah lain
merupakan hal yang sangat penting. Secara bersamaan dengan kemajuan Daulah
Abbasiyah, Dinasti Tang di Cina juga mengalami masa puncak kejayaan sehingga
hubungan erdagangan antara keduanya menambah semaraknya kegiatan perdagangan
dunia.
21.PUSAT-PUSAT ILMU PENGETAHUAN PADA
MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1.
Sebutkan dimana saja pusat- pusat keilmuan yang terpenting pada
masa dinasti Abbasiyah?
2.
Pada masa pemerintahan Khalifah Harun al-Rasyid (786-809M) dan
anaknya al-Ma’mun (813-833M) disebut sebagai masa keemasan kota baghdad,
Mengapa? Jelaskan?
3.
Siapa sajakah para sintis, ulama, filosof, dan sastrawan Islam
terkenal yang lahir dan muncul di kota Baghdad pada masa Dinasti Abbasiyah?
4.
Dikatakan bahwa pada masa pemerintahan Harun al-Rasyid dan
al-Ma’mun perdagangan dan industri berkembang pesat, mengapa demikian?
Jelaskan?
5.
Apa saja akademi, sekolah tinggi dan sekolah biasa yang berdiri
pada masa Dinasti Abbasiyah?
Jawab
1.
Pusat- pusat keilmuan yang terpenting pada masa Dinasti Abbasiyah
adalah Hijjaz, Irak ,Mesir, Syam, Isfahan, Bukhara, Thabristan, Ghazanah,
Halab, Istana Ibnu Thulun dan Andalusia
2.
Pada masa pemerintahan Khalifah Harun al-Rasyid (786-809M) dan
anaknya al-Ma’mun (813-833M) disebut sebagai masa keemasan kota Baghdad karena
ketika itu Baghdad menjadi pusat peradaban dan kebudayaan tertinggi didunia.
Ilmu pengetahuan dan sastra berkembang secara pesat.Khalifah al-Ma’mun memiliki
perpustakan yang dipenuhi dengan beribu-ribu buku ilmu pengetahuan .
Perustakaan itu bernama al –Hikmah. Dari kota inilah memancar sinar kebudayaan
dan peradaban islam keseluruh dunia.
3.
Di kota Baghdad ini lahir dan muncul para sintis, ulama, filosof,
dan sastrawan Islam terkenal, seperti al-Khawarizm (ahli astronomi dan
matematika, penemu ilmu aljabar), al- Kindi (filosof arab pertama), al-Razi
(filosof, ahli fisika dan kedokteran), al-farabi(filosof besar yang dijuluki dengan
al-Mu’allim al-Tsani, guru kedua setelah
Aristoteles), tiga pendiri manjahab hukum islam (Abu Hanifah, Syafi’I dan Ahmad
ibn Hambal), Al-Ghazali (filosof, teolog dan sufi besar dalam islam yang
dijuluki dengan Hujjah al-islam), Abd al-Qodir al-Jailani (pendiri tarekat
qadiriyah), Ibn Muqaffa’ (sastrawan besar), dan lain-lain.
4.
Pada masa Harun al-Rasyid dan al-Ma’mun perdagangan dan industri
berkembang pesat hal ini ditandai dengan meningkatnya kehidupan ekonomi kota
ini yang didukung oleh adanya tiga buah pelabuhan yang ramai dikunjungi para
kafilah dagang internasional (Cina, India, Asia Tengah, Syiria, Persia, Mesir,
dan negeri Afrika lainnya), yaitu dua pelabuhan di Basrah dan pelabuhan Sirat
di teluk Persia.
5.
Pada masa dinasti Abbasiyah banyak berdiri akademi, sekolah tinggi
dan sekolah biasa yang memenuhi kota itu. Dua diantaranya yang terpenting
adalah perguruan Nizhamiyyah, didirikan oleh Nizham al- Mulk, wazir Sultan
Seljuk, pada abad ke-5 H dan perguruan
Muntanshiriyah, didirikan dua abad kemudian oleh khalifah al-Muntanshir Billah.
22.SISTEM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1.
Jelaskan
tahap-tahap perkembangan ilmu pengetahuan dan filsafat dalam sejarah Islam?
2.
Apa saja cabang
ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah?
3.
Pada masa dinasti Abbasiyah lahir para filosof islam yang kemudian menjadi bintang dunia
filsafat, siapakah mereka?
4.
Apa yang melatarbelakangi lahirnya ilmu geografi pada masa Dinasti
Abbasiyah?
5.
Sebutkan para sarjana ilmu falak dan ilmu bintang yang termansyur
pada masa Dinasti Abbasiyah?
Jawab
1.
Secara umum
perkembangan ilmu pengetahuan dan filsafat dalam sejarah islam ditempuh dengan
beberapa tahap.
-
Pertama tahap
penerjemah dari bahasa asing ke dalam bahasa arab. Tahap ini memang berlangsung
lebih lama (750-850 M). Kegiatan penerjemah dilakukan oleh kaum muslimin secara
terbuka dan bekerja sama dengan penterjemah dari agama yahudi dan nasrani.
-
Tahap kedua,
karya-karya ilmiah yang telah diterjemahkan, kemudian diberi syarah atau
komentar oleh kaum muslimin dan diberikan persesuaian dengan agama. Oleh sebab
itu pada periode tersebut lahir beberapa komentator muslim terhadap karya-karya
ilmiah orang-orang yunani dan persia seperti yang telah dilakukan filosof
persia.
2.
Cabang ilmu
pengetahuan yang berkembang ada dua bidang ilmu yakni ilmu-ilmu naqli dan
‘aqli.
I.
Perkembangan
Ilmu Naqli (ilmu yang bersumber dari al qur’an dan hadist)
a.
Ilmu tafsir
b.
Ilmu hadis
c.
Ilmu kalam
d.
Ilmu hukum (fiqh)
e.
Ilmu tasawuf
f.
Ilmu bahasa
II.
Perkembangan Ilmu Aqli (ilmu
yang didasarkan kepada pemikiran (rasio))
a.
Filsafat
b.
Al-Thib (kedokteran)
c.
Farmasi dan Kimia
d.
Ilmu falak (astronomi)
e.
Ilmu hitung (matematika)
f.
Ilmu tarikh (sejarah)
g.
Ilmu jughrafia
(geografi)
3.
Para filosof islam itu seperti:
-
Al-Kindi (801-873 M/ 185-260 H)
-
Ar-Razy (864-926M/ 250-313 H)
-
Al-Farabi (872-950 M/ 259-339 H)
-
Ibnu Sina (980-1036 M/ 370-428H)
4.
Ilmu geografi terjadi karena hubungan kota Baghdad sebagai ibukota negara dengan kota-kota lain, baik hubungan
darat maupun laut, pesat sekali. Hal ini menimbulkan kegiatan rihlah ilmiah
yang kemudian ditulis dengan diterangkan secara jelas tempat-tempatnya serta
hal ihwalnya. Cerita yang berasal dari kisah perjalanan itu akhirnya berkembang
menjadi ilmu sehingga menjurus kepada pembuatan peta. Disinilah awal mula
munculnya ilmu Geografi.
5.
Di antara para sarjana ilmu falak dan ilmu bintang yang termansyur
adalah : Abu Ma’syar al-falaky, Jabir Batany, Abu Hasan, al-Biruny,
Al-Farghani, Al-Battani.
23.LEMBAGA-LEMBAGA
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1.
Apa lembaga pendidikan Islam yang pertama? Jelaskan?
2.
Apa saja lembaga pendidikan Islam pada permulaan Daulah Dinasti
Abbasiyah?
3.
Pada awal kebangkitan Islam pendidikan Islam terbagi atas dua
tingkatan, sebutkan dan jelaskan?
4.
Apa yang
melatarbelakangi kemajuan dalam bidang
keilmuan pada masa Dinasti Abbasiyah?
5.
Pada masa Abbasiyah bidang
pendidikan mengalami masa keemasan. Popularitasnya mencapai
puncaknya pada masa khalifah al-Rasyid dan putranya, khalifah al-Makmun. Kemajuan itu
ditandai dengan dengan? Jelaskan?
Jawab
1.
Lembaga pendidikan Islam yang pertama adalah mesjid. Di samping sebagai pusat pelaksanaan ibadah shalat maka mesjid
berfungsi pula sebagai penyebar ilmu pengetahuan. Di setiap mesjid para ulama
mengajar berbagai macam ilmu dan di mesjid telah disiapkan pula ruangan baca
atau perpustakaan khusus.
2.
Pada permulaan daulah
Abbasiyah ada beberapa lembaga pendidikan Islam antara lain, yaitu :
a.
Kuttab
b.
Halaqah
c.
Masjid
d.
Majelis Munadharah
e.
Baitul Hikmah
f.
Madrasah Nidhamul muluk
3. Dua tingkatan pendidikan Islam itu adalah:
a. Maktab/ kuttab dan masjid, yaitu lembaga pendidikan terendah, tempat anak-anak mengenal dasar-dasar
bacaan, hitungan dan tulisan; dan tempat para remaja belajar dasar-dasar ilmu
agama, seperti tafsir, hadis, fiqih, dan bahasa.
b. Tingkat pendalaman, para pelajar yang ingin
memperdalam ilmunya pergi keluar daerah menuntut ilmu kepada seorang atau
beberapa orang ahli dalam agama. Pengajarannya berlangsung di masjid-masjid
atau di ulama bersangkutan. Bagi anak penguasa, pendidikan biasanya berlangsung
di istana atau di rumah penguasa tersebut dengan mendatangkan ulama ahli.
4.
Yang
melatarbelakangi kemajuan dalam bidang
keilmuan tersebut adalah:
-
Keterbukaan budaya umat
Islam untuk menerima unsur-unsur budaya dan peradaban dari luar, sebagai
konsekuensi logis dari perluasan wilayah yang mereka lakukan.
-
Terjadinya asimilasi
antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu mengalami
perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan.
-
Gerakan penterjemahan guna
menciptakan tradisi keilmuan yang kondusif.
5.
Kemajuan tersebut
ditentukan oleh dua hal:
a. Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa lain yang telah
dahulu mengalami perkembangan dalam ilmu pengetahuan.
b. Gerakan penterjemahan
guna menciptakan tradisi keilmuan yang kondusif
24.PENGARUH ISLAM TERHADAP DUNIA BARAT
Soal
1.
Bagaimana
kondisi Eropa sebelum kedatangan Islam?
2.
Bagaimana
proses penerjemahan yang dilakukan ilmuwan muslim dalam menerjemahkan karya-karya Yunani?
3.
Apa kontribusi
terpenting yang telah diberikan Islam terhadap dunia pada
masa-masa permulaan perkembangan kekuasaan Islam?
4.
Sebutkan
para ilmuwan muslim yang masyhur dan berkaliber internasional?
5.
Apa
yang melatarbelakangi Uskup Agung Raymond di Spanyol mendirikan Badan
Penterjemah di Todelo?
Jawab
1.
Sebelum
Islam datang, menurut Gustav Le Bon, Eropa berada dalam kondisi kegelapan, tak
satu pun bidang ilmu yang maju bahkan lebih percaya pada tahayul. Kondisi
kegelapan Eropa pada zaman pertengahan (Abad 9 M) bukan hanya pada aspek
mental-dimana cenderung bersifat takhayul, demikian pula halnya dalam aspek
fisik material.
2.
proses
penterjemahan yang dilakukan ilmuwan muslim tidak hanya menterjemahkan
karya-karya Yunani secara ansich, tetapi juga mengkaji teks-teks itu, memberi
komentar, memodifikasi dan mengasimilasikannya dengan ajaran Islam. Sains,
filsafat dan kedoketeran Yunani diadapsi sehingga masuk kedalam lingkungan
pandangan hidup Islam. Proses ini menggambarkan betapa tingginya tingkat
kreativitas ilmuwan muslim sehingga dari proses tersebut telah melahirkan
pemikiran baru yang berbeda sama sekali dari pemikiran Yunani dan bahkan boleh
jadi asing bagi pemikiran Yunani.
3.
Pada
masa-masa permulaan perkembangan kekuasaan, Islam telah memberikan kontribusi
kepada dunia berupa tiga jenis alat penting yaitu paper (kertas), compass
(kompas) and gunpowder (mesin).
4.
Para
ilmuwan muslim yang mashur dan berkaliber internasional seperti :
-
Al-Biruni
(fisika, kedokteran);
-
Jabir
bin Hayyan (Geber) pada ilmu kimia;
-
Al-Khawarizmi
(Algorism) pada ilmu matematika;
-
Al-Kindi
(filsafat);
-
Al-Farazi,
Al-Fargani,
-
Al-Bitruji
(astronomi);
-
Abu
Ali Al-Hasan bin Haythami pada bidang teknik dan optik;
-
Ibnu
Sina (Avicenna) yang dikenal dengan Bapak Ilmu Kedokteran Modern;
-
Ibnu
Rusyd (Averroes) pada bidang filsafat;
-
Ibnu
Khaldun (sejarah, sosiologi). Mereka telah meletakkan dasar pada berbagai
bidang ilmu pengetahuan.
5.
Uskup
Agung Raymond di Spanyol mendirikan Badan Penterjemah di Todelo adalah sebagai
tempat menterjemahkan sebagian besar karangan sarjana-sarjana Muslim tentang
ilmu pasti, astronomi, kimia, kedokteran, filsafat, dll, dimana waktu yang
dibutuhkan untuk menterjemahkannya yaitu lebih dari satu setengah abad
(1135-1284 M).
25.Organisasi –Organisasi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan
1.
Apa yang melatar belakangi berdirinya organisasi- organisasi islam
Indonesia?
Pada tahun 1803 tiga orang tokoh haji, yaitu haji miskin, haji
sumanik, haji sumanik, dan haji piobang pulang serbuan dari ajakan gerakan
Wahabi (gerakan modern pemurni aqidah islam, pimpinan Muhammad bin Abd. Wahab).
Pengaruh gerakan gerakan Wahabi sangat besar terhadap ketiga tokoh yang baru
pulang dari tanah suci ini, setibanya di kampong halaman dan menyaksikan sejumlah
perilaku amoral dari tetua adat seperti menyabung ayam, berjudi dan minum arak.
2.
Jelaskan latar belakang berdirinya Muhammadiyah!
Muhammadiyah yang didirikan pada tahun 18 november 1912 M.
organisai ini mempunyai karakter tersendiri sebagai gerakan social keagamaan.
Titik tekan perjuangannya mula-mula adalah pemurnian ajaran islam dan bidang
pendidikan. Muhammadiyah memounyai pengaruh yang berakar dalam upaya
pemberantasan Bid’ah Khurafat dan Tahayyul.inti gerakan pemurnian ajaran islam
seperti pendahulunya, Ibnu Tamiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab cukup bergema.
Ahmad Dahlan dan pengikutny akendati mempunyai pendekatan psikologis dalam
menerapkan ide-ide pembaruan, namun mereka cukup teguh pendirian dalam upaya
menegakkan ajaran islam yang murni sesuai al-quran dan hadis, mengagungkan
ijtihad intelektual bila sumber-sumber hokum yang lebih tinggi tidak bisa
digunakan lagi, termasuk juga menghilangkan taklid dalam praktik fiqh dan
menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar.
3.
Jelaskan latar belakang berdirinya Sarekat Islam!
SI merupakan organisasi politik islam modern yang muncul di awal
abad ke-20. Titik perjuangannya sangat populis, berbeda dengan budi utomo yang
keanggotannya banyak dari kalangan priai Jawa dan Madura, maka SI merekrut
keanggotaannya dari kalangan awam dan para petani di pedesaan. Dari sisi ini,
tentu saja banyak mendapat sokongan baik moral maupun financial.
4.
Jelaskan aliran apa yang dianut oleh Nahdatul Ulama dan kapan
berdirinya?
Nahdatul Ulama (NU) sebagai organisasi keagamaan (jam’iyah Islamiyahh)
besar, malah mungkin terbesar dalam jumlah aggotanya di Indonesia, sejak
berdirinya pada tanggal 31 Januari 1926 M. telah menyatakan diri sebagai
organisaiss islam berhaluan ahlusunnah waljama’ah”, yang dalam aqidah mengikuti
aliran Asy’ariyah-Maturidiya, dalam syari’ah / fiqih mengikuti salah
satu madjhab empat hanafi-maliki-syafi’i dan Hambali, dan dalam tashawwuf
mengikuti Al-Junaidi dan Al-Ghozali.
5.
Siapa pendiri Muhammadiyah! Dan kapan Muhammaadiyah didirikan!
Gerakan Muhammadiyah yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan pada
tahun 18 november 1912 M.
26.Mazhab dan Firqoh dalam Islam Pada Masa Dinasti Umawiyah
1.
Apakah
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kehancuran Daulah Umayyah - faktor
Jawabannya: factor – factor tersebut
·
Ketidakjelasan
dalam pergantian kepemimpinan menyebabkan terjadinya persaingan yagn tidak
sehat dalam di kalangan keluarga Istana.
·
Latar belakang
ternbentuknya dinasti Umayyah tidak bisa dipisahkan dari konflik-konflik
politik. Penumpasan terhadap gerakan-gerakan oposisi banyak menyedot kekuatan
pemerintah.
·
Hidup mewah
dilingkungan istana, sehingga anak-anak khlaifah tidakk sanggup memikul beban
berat kenegaraan tatkala mereka diwarisi kekuasaan.
Munculnya kekuatan baru yagn dipelopori oleh
keturunan al-Abbas ibn Abd Al Muthalib. Gerakan ini mendapat dukungan penuh
dari bani Hasyim dan golongan Syi’ah, dan kaum mawalli merasa dikelasduakan
oleh pemerintah bani Umayyah
2.
Tuliskan
defenisi dari Bani Umayyah?
Jawabannya: Umaayyah adalah daulah yang pertama
kali memperkenalkan system administrasi barat dalam dunia pemerintahan Islam
3.
Tuliskan 4 departemen pada masa pemerintahan Abdul Malik?
Jawabannya: Empat departemen pokok tersebut
·
Kementrian
pakjak tanah, tugasnya mengawasi departemen keuangan.
·
Kementrian
Khatam, yang bertugas merancang dan mengesahkan ordonansi pemerintah.
·
Kementrian
surat-menyurat, dipercayakn untuk mengontrol pemasalahn di daerah-daerah dan
semkua komunikasi dari Gubernur-gubernur.
·
Kementrian
urusan perpajakan.
4.
Bagaimanakah system pemerintahan Dinasti Umayyah?
Jawabannya: Pergantian
pemerintahan pada Muawiyyah mengakhiri system pemerintahan Demokrasi Syoro,
pemerintahan menjadi monarki Heridetis/monarki Absolut. Penggantian khalifah
seperti ini dimulai dari sikap Muawiyyah yang mengangkat anaknya, Yazid sebagai
putra mahkota.
5.
Kapankah
terjadinya masa kejayaan Umayyah ?
Jawabannya: Kaejayaan Umayyah dimulai pada masa
pemerintahn Abdul Malik. Ia dianggap sebagai pendiri daulah Umayyah kedua,
karena dapat mencegah disintegrasi yang telah terjadi sejak masa Marawan.
27.PERANG SALIB
1.
Apa itu perang salib? Dan apa ide dari perang salib itu?
Perang salib adalah perang yang di gencarkan orang-orang kristiani
dibarat untuk membahaskan tanah tempat yesus hidup dan wafat dari kekuasaan
islam.
Ide perang salib adalah perkembangan yang terjadi di Eropa Barat
sebelumnya pada abad pertengahan, selain itu juga menurunya pengaruh kekaisaran
Byzantium di timur yang disebabkan oleh gelombang baru serangan muslim Turki.
2.
Apa saja factor terjadinya perang salib?
a.
Faktor agama.
b.
Faktor politik.
c.
Faktor Sosial ekonomi.
3.
Jelaskan perang salib periode pertama?
Perang salib pertama pada musim semi tahun 1095M, 1500 orang eropa,
sebagian besar bangsa perancis dan norman, berangkat menuju konstantinopel,
kemudian ke Palestina. Tentara salib saat itu dipimpin oleh Godfrey,Bohemond,
dan Raymond ini memperoleh kemenangan besar. Pada tahun yang sama mereka dapat
menguasai bahasa Turki=iznk adalah sebuah kota yang sekarang terletak di Negara
Turki. Mereka juga berhasil menduduki bait Al-Maqdis (15 Juli 1095 M).
4.
Jelaskan perang salib periode kedua?
Perang salib kedua dipimpin oleh Paus Eungenius III, dan merupakan
perang salib pertama yang dipimpin oleh raja-raja Eropa, seperti Louis VII dari
Perancis dan Condrad III dari Jerman, dengan bantuan dari bangsawan-bangsawan
Eropa penting lainnya. Louis, Condrad, dan pasukannya berhasil mencapai
Yerussalem dan melancarkan serangan yang “keliru” ke Damaskus pada tahun 1148.
Perang salib di timur mencapai kemenangan. Tentara salib yang mampu menggapai kemenangan
adalah gabungan tentara salib Flandria, Frisia,Normandia,
Inggris,Skotlandia,dab Jerman. Mereka berlayar ke tanah suci. Ditengah
perjalanan, tentara tersebut berhenti dan membantu bangsa Portugis merebut
Lisboa tahun 1147. Sementara itu, perang salib utara dikobarkan sebagai upaya
untuk mengubah orang-orang yang manganut paganism menjadi beriman Kristen, dan
mereka harus berjuang selama berabad- abad.
5.
Jelaskan perang salib periode ketiga?
Perang salib periode ketiga di pimpin oleh Frederick II (26 des
1194-13 des 1250), adalah salah satu yang paling kuat kaisar Romawi suci pada
abad pertengahan dan kepala rumah Hohenstaufen. Ambisi politikdan budaya, yang
berbasis di sisilia dan peregangan melalui italia ke jerman, dan bahkan ke
Yerussalem. Namun, musuh-musuhnya terutama para pemenang, dan dinastinya runtuh
segera setelah kematiannya. Pada tahun 1213M, mereka berhasil melalui dimyat.
Raja Mesir pada waktu itu adalah Malik Al kamil membuat perjanjian dengan
Federick, isinya antara lain: Federick bersedia melepaskan Dimyat, sementara
kerajaan Mesir melepaskan Palestina. Pada perkembangannya Palestina berhasil
direbut oleh kaum muslimin pada tahun 1247M.
28.PENYERBUAN KRISTEN DI SPANYOL (ANDALUSIA)
1.
Apa yang menyebabkan
penyerbuan Kristen dispanyol?
Awal mula penyebab terjadinya penyerbuan umat Kristen ke spanyol
karena mereka ingin membebaskan kota-kota suci dari tangan –tangan islam, yang
terjadi pada perang salib, yang pada masa itu kurang lebih 8 abad kejayaan di
spanyol sehingga umat Kristen ingin mengusir umat islam dari spanyol dengan
memerangi umat islam.
2.
Apa pengaruh islam di spanyol?
Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi eropa dalam
menyerap peradaban islam, baik dalam bentuk hubungan politik, sosial maupun
perekonomian dan peradaban abtar Negara. Eksistentsi perkembangan ilmu yang
dikembangkan oleh peradaban spanyol islam, mereka dapat melakukan ijtihad
keilmuan.
3.
Apa faktor penyebab kemunduran islam di spanyol?
a.
Adanya konflik islam dengan Kristen.
b.
Tidak adanya ideologi pemersatu.
c.
Kesulitan ekonomi.
d.
Tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan.
e.
Keterpencilan.
4.
Jelaskan bagaimana masuk dan berkembangnya islam di spanyol?
Berawal dari Abdur Rahman I yang berhasil melakukan perjalanan
menuju Palestina, Mesir, Afrika Utara, dan akhirnya masuk ke Andalusia(
Spanyol) yang kemudian tahun 138H/755M didirikanlah kerajaan baru di negeri
itu. Abdur Rahman I merupakan anggota keluarga Bani Umayyah yang berhasil lolos
dari penyerbuan Bani Abbasiyah. Sejak kepemimpinan beliau, rakyat spanyol hidup
tentram sampai kepemerintahan Khalifah Abdur Rahman III bahkan umat islam
Spanyol pada masa ini mencapai punjak kemajuan dan kejayaan menyaingi kejayaan
daulat Abbasiyah di Baghdad.
5.
Setelah umat islam Kristen berhasil memerangi bagaimana keadaan
umat islam di Spanyol?
Setelah terjadi
perang salib atas reaksi Kristen terhadap umat islam, selanjutnya perpecahan
pemerintahan islam di Spanyol pada tahun 1492 seluruh spanyol resmi jatuh ke
tangan Kristen. Dan akhirnya pada thun1556 penguasa Kristen melarang pakaian Arab dan bahkan bahasa Arab dan orang
islam berada dan dipergunakan di seluruh wilayah Spanyol.
29.Penyerbuan
Bangsa Mongol di Baghdad
1.
Apakah dampak negative yang terjadi pada kota Baghdad setelah jatuh
ketangan bangsa mongol pada tahun 1258 M?
Jawabannya: dampak negatifnya yakni
bangsa mongol bukan saja mengakhiri khilafah Abbasiyah disana, tetapi juga
merupakan awal dari kemunduran politik dan peradaban islam karena Baghdad
sebagai pusat kebudayaan dan peradaban islam yang sangat kaya dengan khazanah
ilmu pengetahuan.
2.
Kapankah terjadinya masa keemasan kota Baghdad?
Jawabannya:
Masa keemasan kota Baghdad terjadi pada zaman pemerintahan khalifah Harun Ar Rasyid (786 -809 M) dan
anaknya Al Ma’mun (813-833 M) Baghdad ketika itu menjadi pusat peradaban dan
kebudayaan yang tertinggi di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan sastra
berkembang pesat.
3.
Coba jelaskan bagaiman asal usul Bangsa Mongol?
Jawabannya: Bangsa Mongol berasal dari daerah pegunungan Mongolia
yang membentang dai Asia Tengah sampai ke Siberia utara, Tibet selatan dan
Manchuria Barat serta Turkistan Timur. Nenek moyang mereka bernama Alanja Khan
yang mempunyai 2 putera kembar Tartar dan Mongol.Kedua putera itu melahirkan 2
suku bangsa besar Mongol dan Tartar.
31.Organisasi-Organisasi Islam di Indonesia
SOAL
1.
Tuliskan nama-nama organisasi islam yang berkembang di Indonesia?
2.
Jelaskan penyebab lahirnya organisasi-organisasi islam di
Indonesia?
3.
Kapan mulai berdirinya Nahdatul Ulama dan siapa-siapa orang yang
menjadi pendirinya?
4.
Tuliskan langkah-langkah yang merupakan cirri khas muhammadiyah?
5.
Tujuan didirikan serikat dagang islam?
JAWABAN
1.
Nama-nama organisasi islam yang berkembang di Indonesia antara
lain:
a.
Serikat Dagang Islam (SDI)
b.
Serikat Islam (SI)
c.
Partai Serikat Islam (PSI)
d.
Muhammadiyah
e.
Persatuan Islam (PI)
f.
Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA)
g.
Persatuan Muslim Indonesia (PERMI)
h.
Partai Islam Indonesia (PII)
2.
Penyebab lahirnya organisasi-organisasi islam lebih banyak karena
didorong oleh tumbuhnya sikap patriotisme,dan rasa nasionalisme serta sebagai
respon terhadap kepincangan-kepincangan dikemunduran
total sebagai akibat ekploitasi politik pemerintah colonial belanda. Langkah
pertama diwujudkan dala bentuk kesadaran berorganisasi
Meskipun banyak cara yang ditempuh oleh pemerintah colonial belanda untuk membendung pergolakan rakyat Indonesia melalui dunia pendidikan, namun tidak banyak membawa hasil, bahkan berakibat sebaliknya, yaitu semakin menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan rasa nasionalisme dikalangan rakyat dengan malalui pendidikan. Dengan sendirinya kesadaran berorganisasi yang dijiwai oleh perasaan nasionalisme yang tinggi, menimbulkan perkembangan dan era baru dilapangan pendidikan dan pengajaran.
Meskipun banyak cara yang ditempuh oleh pemerintah colonial belanda untuk membendung pergolakan rakyat Indonesia melalui dunia pendidikan, namun tidak banyak membawa hasil, bahkan berakibat sebaliknya, yaitu semakin menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan rasa nasionalisme dikalangan rakyat dengan malalui pendidikan. Dengan sendirinya kesadaran berorganisasi yang dijiwai oleh perasaan nasionalisme yang tinggi, menimbulkan perkembangan dan era baru dilapangan pendidikan dan pengajaran.
3.
Nahdatul ulama
didirikan pada tanggal 16 Rajab 1344 H (33 januari 1926 M) di Surabaya,
pembangunannya ialah Alim Ulama dari Tiap-tiap daerah di jawa timur.
Diantaranya:
·
KH. Hasyim Asy’ari
Tebuireng
·
KH. Abdul wahab Abdullah
·
KH Bisri jombang
·
KH Ridwan
semarang
·
KH. Nawawi Pasuruan
·
KH. R. Asnawi kudusKH. R. Hambali kudus
·
K. Nakhrawi Malang
·
KH. Doromuntaha Bangkalan
·
KH. M. Alwi
Abdul Aziz, dan lain-lain
4.
Langkah yang diambil Muhammadiyah antara lain,
·
memperteguh
iman, menggembirakan dan memperkuat ibadah, serta mempertinggi akhlak;
·
mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu
agama Islam untuk mendapatkan kemurniannya;
·
memajukan dan memperbarui pendidikan,
pengajaran dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan menurut tuntunan
Islam;
·
menggiatkan dan
menggembirakan dakwah Islam serta amar ma’ruf nahi munkar;
·
mendirikan,
menggembirakan dan memelihara tempat ibadah dan wakaf;
·
membimbing kaum wanita ke arah kesadaran
beragama dan berorganisasi;
·
membimbing para
pemuda agar menjadi orang Islam berarti;
·
membimbing ke arah kehidupan dan penghidupan
sesuai dengan ajaran Islam;
·
menggerakkan
dan menumbuhkan rasa tolong menolong dalam kebajikan takwa;
·
menanam
kesadaran agar tuntunan dan peraturan Islam berlaku dalam masyarakat
5.
tujuannya didirikan serikat dagang islam adalah;
a.
MamajukanPerdagangan,Pendidikan
dan Kesejahteraan.
b.
Mengusahakan
hidup menurut perintah Agama Islam
c.
Mempertebal rasa persaudaraan dikalangan
anggota
d.
bekerja sama
dengan perkumpulan-perkumpulan Islam yang sepaham
32. ISTRI-ISTRI RASULULLAH
1.
Coba kemukakan alas an rasulullah dalam berpoligami?
Jawabannya:
v Agar mereka
masuk islam
v Agar para
istrinya menerangkan permasalahan beliau kepada orang lain
v Karena
Rasulullah SAW ingin melindungi dan mengurangi beban para istrinya
v Karena
Rasulullah ingin menghibur para istri istri sahabatnya yang ditinggal mati oleh
suami mereka.
2.
Siapakah nama istri Rasulullah SAW dan bagaimanakah
latarbelakangnya?
Jawabannya: Nama istrinya serta latarbelakangnya yaitu
Khadijah binti khuwalid, latar belakangnya berasal dari lingkungan keluarga suku Quraisy yang terhormat. Lahir
15 tahun sebelum tahun gajah. Ia menikah pertama kali dengan Abu Halah
Al-Tamimi, pedagang kaya, kemudian wafat dengan meninggalkan warisan cukup
banyak. Kemudian ia menikah lagi dengan Atik bi Aiz suami keduanya ini juga
wafat dengan meninggalkan harta yang banyak, sehingga khadijah menjadi orang
yang terkaya dan terpandang dikalangan suku Quraisy.
3.
Apa yang
melatarbelakangi rasulullah menikah dengan mayoritas janda?
Jawabannya: Rasulullah menikahi wanita yang mayoritas
janda untuk menangkat martabat wanita, dan menjaga kehormatannya.
4.
Tuliskan
nama-nama istrinya Rasulullah SAW?
Jawabannya:
nama-namanya adalah Siapakah nama-nama istri Rasullullah? Nama-nama istri
rasulullah adalah: 1. Khadijah binti Khawalid, 2. Saudah binti Juma’ah Ra, 3.
Aisyah Binti Abu Bakar, 4. Hafsah binti Umar bin Khattab, 5. Zainab Binti
Khuzaimah, 6. Ummu Salamah, 7. Zainab Binti Zahsy ra, 8. Juwairiyah Binti
Al-Harits ra 9. Ummu Habibah Ra, 10. Shofiyah Binti Huyay Al- Ahkhob Ra, 11. Maimunah
binti Al- Harits Ra.
5.
Siapakah nama
istri Rasulullah yang beliau nikahi masih beliau?
Jawabannya: Rasulullah
menikahi wanita yang masih belia adalah Aisyah binti Abu Bakar.
33.Kerajaan-Kerajaan Besar Islam Di Nusantara
SOAL
1.
Tuliskan kerajaan-kerajaan di Indonesia yang bercorak islam?
2.
Jelaskan sejarah munculnya kerajaan samudra pasai?
3.
Jelaskan pengaruh yang terjadi dengan adanya kerajaan-kerajaan
islam di Indonesia?
4.
Tuliskan hasil karya sultan agung pada masa kerajaan mataram islam?
5.
Tuliskan raja-raja yang perna memerintah di samudra pasai?
JAWABAN
1.
Kerajaan islam di Indonesia:
a.
Kerajaan
Samudra Pasai
b.
Kerajaan
Aceh Kerajaan
c.
Demak Kerajaaan Mataram Islam
d.
Kerajaan
Cirebon
e.
Kerajaan Banten
f.
Kerajaan Makassar
g.
Kerajaan Ternate dan Tidore
2.
Kerajaan Samudra Pasai terletak di sebelah utara Perlak di daerah
Lhokseumawe (sekarang pantai timur Aceh). Kerajaan Samudra Pasai merupakan
kerajaan Islam pertama di Nusantara dan berdiri pada abad ke- 13 M. Wilayahnya
strategis karena menghadap Selat Malaka. Awal berdirinya kerajaan Samudra
Pasai diketahui dari batu nisan makam raja Malik al-Saleh yang wafat tahun 1297
M. Diperkirakan bahwa Sultan Malik al-Saleh (1290-1297) merupakan pendiri dan
raja pertama kerajaan Samudra Pasai. Setelah Malik al-Saleh wafat, kerajaan
Samudra Pasai dilanjutkan oleh Sultan Muhammad Malik al-Taher (1297 – 1326 M),
Sultan Ahmad dan Sultan Zainal Abidin. Menurut beberapa sumber
sejarah, banyak pedagang dari berbagai negara berlabuh di Pelabuhan Pasai
3.
Dengan adanya
kerajaan-kerajaan yang timbul membuat masyarakat menjadi terpecah belah, karena
masing-masing dari kerajaan memiliki misi yang berbeda untuk setiap
kerajaannya,akan tetapi selain itu dengan adanya kerajaan ini mempermudah
pengembangan perdagangan.
4.
Adapun hasil karya sultan agung adalah:
a.
Tahun 1833 M, Sultan Agung menciptakan Tarikh Jawa Islam
yang dimulai 1 Muharam 1043 H.
b.
Mengarang buku ”sastra gending” yang berisi ajaran
filsafat mengenai kesucian jiwa.
c.
Membuat buku undang-undang hukum pidana dan perdata yang diberi nama ”surya
alam”.
5.
Raja-raja
yang perna memerintah pada masa samudra
pasai adalah: a.
a.
Sultan Malik Al-saleh berusaha meletakkan dasar-dasar kekuasaan
Islam dan berusaha mengembangkan kerajaannya antara lain melalui perdagangan
dan memperkuat angkatan perang. Samudra Pasai berkembang menjadi negara maritim
yang kuat di Selat Malaka
b.
.Sultan Muhammad (Sultan Malik al Tahir( I) yang memerintah sejak
1297-1326. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Perlak kemudian disatukan dengan
Kerajaan Samudra Pasai.
c.
Sultan Malik al Tahir II
(1326– 1348 M). Raja yang bernama asli Ahmad ini sangat teguh memegang ajaran
Islam dan aktif menyiarkan Islam ke negeri-negeri sekitarnya. Akibatnya,
Samudra Pasai berkembang sebagai pusat penyebaran Islam. Pada masa
pemerintahannya, Samudra Pasai memiliki armada laut yang kuat sehingga para
pedagang merasa aman singgah dan berdagang di sekitar Samudra Pasai.
34.HAJI WADA’
1.
Apa itu haji wada’?
Haji wada’ dikenal juga dengan nama haji perpisahan.
2.
Apa isi utama khutbah Rasulluah Saw. pada haji wada’?
Pesan pokok dari Rasulluah Saw yaitu mendirikan dan memelihara
shalat juga berpedoman hidup pada Al-qur’an dan As-Sunnah. Dalam khutbahbya
Rasulluah juga menetapkan Mekkah dan Madinah sebagai tanah suci. Menurut
beliau, dengan sucinya tempat ini, maka orang-orang yang berada diwilayah ini
harus senantiasa dalam keadaan suci dari segala perbuatan.
3.
Apa manfaat dari haji?