أ. أهداف مهارات الإستماع
١. تعرف الأصوات العربيّة وتمييز ما بينها من اختلافات
ذات دلالة.
٢. فهم ما يسمع من حديث باللغة العربيّة وبإيقاع طبيعي
في حدود المفردات التي تم تعلمها.
٣. انتقاء ما ينبغي أن يستمع إليه.
٤ التقاط لأفكار الرئيسية.
٥. التمييز بين الأفكار الرئيسية والأفكار الثانوية.
٦. تعرف الحركات الطويلة والحركات القصيرة والتمييز
بينهما.
٧. تعرف التشديد والتنوين وتمييزهما صوتيا.
٨. إدراك العلاقات بين الرموز
الصوتية والكتابية.
٩. التمييز بين الحقائق والآراء من خلال سياق المحادثة
العادية.
١٠. متابعة الحديث وإدراك ما بين جوانبه من علاقات.
١١. معرفة تقاليد الاستماع وآدابها.
١٢. التمييز بين الأصوات المتجاورة في النطق والمتشابهة
في الصورة.
١٣. إدراك أوجه التشابه والفروق بين الأصوات العربيّة
وأصوات لغة الدارس الأولى.
١٤. الاستماع إلى اللغة العربيّة وفهمها دون أن يعوق ذلك
قواعد تنظيم المعننى.
١٥. إدراك مدى ما في بعض جوانب الحديث من تناقض.
١٦. إدراك التغييرات في المعنى الناتجة عن تعديل أو
تحويل في بنية الكلمة.
١٧. التكيف مع إيقاع متحدث، التقاط أفكار المسرعين في
الحديث بسرعة والتمهل مع المبطئين فيه.
١٨. التقاط أوجه الشبه والإختلاف بين الآراء.
١٩. تخيل الأحداث التي يتناولها المتكلم في حديثه.
٢٠. استخلاص النتائج من بين ما سمع من مقدمات.
٢١. التمييز بين نغمة التأكيد والتعبيرات ذات الصيغة
الانفعالية.
٢٢. استخدام السياق في فهم الكلمات الجديدة.
٢٣. إدراك ما يريد المتحدث التعبير عنه من خلال النبر
والتنغيم العادي.
ب. أهداف
مهارة الكلام
١. نطق الأصوات العربيّة نطقا صحيحا.
٢. التمييز عند النطق بين الأصوات المتشابهة تمييزا
واضحا.
٣. التمييز عند النطق بين الحركات القصيرة والطويلة.
٤. تأدية أنواع النبر والتنغيم بطريقة مقبولة عند متحدثي
العربيّة.
٥. نطق الأصوات المتجاورة نطقا صحيحا.
٦. التعبير عن الأفكار باستخدام الصيغ النحوية المناسبة.
٧. استخدام التعبيرات المناسبة المواقف المختلفة.
٨. استخدام العبارات المجاملة والتحية استخداما سليما في
ضوء الثقافة العربيّة.
٩. استخدام النظام الصحيح لتركيب الكلمة العربيّة عن
الكلام.
١٠. التعبير عن الحديث عند توافر ثروة لغوية تمكن من
الاختيار الدقيق لكلمة.
١١. ترتيب الأفكار ترتيبا منطقيا.
١٢. التعبير عن الأفكار بالقدر المناسب من اللغة فلا هو
بالطويل الممل ولا هو القصير المخل.
١٣. التحدث بشكل متصل ومترابط لفترات زمية مقبولة مما
يوطد الثقة بالنفس والقدرة على مواجهة الآخرين.
١٤. نطق الكلمات المنونة نطقا صحيحا يميز التنوين عن
غيره من الظواهر.
١٥. استخدام الإشارات والإيماءات والحركات غير اللفظية
استخداما معبرا عما يريد توصيل من أفكار.
١٦. التوقف في فترات مناسبة عند الكلام، عند إعادة
الأفكار أو توضيح شيء منها، أو مراجعة صياغة بعض الألفاظ.
١٧. الاستجابة لما يدور من حديث استجابة تلقائية.
١٨. التركيز عند الكلام على المعنى وليس على الشكل
اللغوي.
١٩. تغيير مجرى الحديث بكفاءة عندما يتطلب الموقف ذلك.
٢٠. حكاية الخبرات الشخصية بطريقة جذابة ومناسبة.
٢١. إلقاء خطبة قصيرة مكتملة العناصر.
٢٢. إدارة مناقشة في موضوع معين واستخلاص النتائج من بين
آراء المشتركين.
٢٣. إدارة حوار تلفوني مع أحد الناطقين بالعربيّة.
ج.
أهداف مهارة القراءة
١. قراءة النص من اليمين إلى اليسار بشكل سهل و مريح.
٢. ربط الرموز الصوتية المكتوبة بسهولة ويسر.
٣. معرفة كلمات جديدة لمعنى واحد (مترادفات).
٤. معرفة معان
جديدة لكلمة واحدة.
٥. تحليل النص المقروء إلى أجزاء ومعرفة علاقة بينها
البعض.
٦. متابعة ما يشتمل عليه النص من الأفكار والاحتفاظ بها
في الذهن فترة القراءة.
٧. استنتاج المعنى العام من النص المقروء.
٨. التمييز بين الأفكار الرئيسية والأفكار الثانوية في
النص المقروء.
٩. إدراك تغييرات في المعنى في ضوء تغييرات في التراكيب.
١٠. اختيار
التفصيلات التي تؤيد أو تنقض رأيا ما.
١١. تعرف معاني المفردات الجديدة من السياق.
١٢. الوصول إلى المعاني المتضمنة أو التي بين السطور.
١٣. تكييف معدل السرعة في القراءة حسب الأغراض التي يقرأ
من أجلها.
١٤. العناية بالمعنى في أثناء القراءة السريعة وعدم
التضحية به.
١٥. استخدام القواميس والمعاجم ودوائر المعارف
العرابيّة.
١٦. التمييز بين الحقائق والآراء في النص المقروء.
١٧. الدقة في الحركة الرجعية من آخر السطر إلى أول السطر
الذي يليه.
١٨. الكشف عن أوجه التشابه والاقتران بين الحقائق
المعروضة.
١٩. تصنيف الحقائق وتنظيمها وتكوين رأي فيها.
٢٠. تمثيل المعنى والسرعة المناسبة عند القراءة الجهرية.
٢١. تلخيص الأفكار التي تشتمل عليها النص تلخيصا وافيا.
٢٢. دقة النطق وإخراج الحروف إخراجا صحيحا مع مراعاة
حركات الإعراب عند القراءة الجهرية.
٢٣. استخدام المقدمة والفهرس والمحتويات والهوامش،
والفصول ورؤوس الفقرات وإشارات الطباعة والجداول والرسوم البيانية وفهارس الأعلام
والأمكنة والقواميس التي توجد في آخر الكتب.
د. أهداف مهارات
الكتابة
١. نقل الكلمات التي على السبّورة أو على كراسة الخط
نقلا صحيحا.
٢. تعرف طريقة كتابة الحروف الهجائية في أشكالها
ومواضعها المختلفة.
٣. تعود الكتابة من اليمين إلى اليسار بسهولة.
٤. كتابة الكلمات العربيّة بحروف منفصلة وحروف متصلة مع
تمييز أشكال الحروف.
٥. وضوح الخط ورسم الحروف رسما لا يجعل للبس محلا.
٦. الدقة في كتابة الكلمات ذات الحروف التي تنطق ولا
تكتب، والتي تكتب ولا تنطق.
٧. مراعاة قواعد الإملائيّة الأساسية في الكتابة.
٨. مراعاة التناسق والنظام فيما يكتبه بالشكل الذي يضفي
عليه مسحة من الجمال.
٩. إتقان الأنواع المختلفة من الخط العربي.
١٠. مراعاة خصائص الكتابة العربيّة مثل المد، والتنوين،
والتشديد.
١١. مراعاة علامات الترقيم عند الكتاب.
١٢. تلخيص موضوع
النص المقروء تلخيصا كتابيا صحيحا ومستوفيا.
١٣. استيفاء العناصر الأساسية عند كتابة الخطاب.
١٤. ترجمة الأفكار في فقرات مستعملا المفردات والتراكيب
المناسبة.
١٥. سرعة الكتابة وسلامتها.
١٦. صياغة ترقية الى صديق في مناسبة معينة.
١٧. وصف منظر من مناظر الطبيعة وصفا دقيقا وصحيحا وبخط
يقرأ.
١٨. كتابة طلب لشغل وظيفة معينة.
١٩. كتابة تقرير مبسط حول مشكلة أو قضية ما.
٢٠. ملء البيانات المطلوبة في بعض الاستمارات الحكومية.
٢١. الحساسية للموقف التي تقتضي كتابة رسالة مراعيا في ذلك الأنماط
الثقافية الربيّة.
٢٢. مراعاة التناسب بين الحروف طولا واتساعا وتناسق الكلمات في أوضاعها
وأبعادها.
هناك تقسيم الأهداف الأخرى في تعليم اللغة العربيّة لغير الناطقين بها،
وهي:
ح. الأهداف الثقافية:-
١. يفهم الدارس الدين الإسلامي، أركانه، وعقائده، وعباداته، وتشريعاته.
٢.يفهم تفسير القرأن الكريم
٣. يفهم الحديت اشريف
ويعريف سيرة الرسول
٤.يفهم التاريخ
الإسلامي ويلم به
٥. حفظ ماتيسر من
القرأن الكريم
٦. يحصل مجموعة من
المعلومات والمعارف عن الثقافة العربية
٧. يحصل مجموعة من
المعلومات والمعارف حول الشعوب والأوطان
الأهداف الاتصالية
١.أن يستمع
الدارس يفهم لمتحد ثى اللغة العربية
٢.يحدث بالعربية في
شؤون الحياة المختلفة, ويتفاعل مع أبناء العربية وثقافتهم
٣.يخطب باللغة
العرابية داعيا وناشرا للدين الإسلامي
٤. يقرأ قراءة صحيحة
واعية ويفهم المقروء ويستوعبه
٥.يكيب كتابة صحيحة
إملائيا ويعبرعن أفكار بلغة سليمة
الأهداف اللغوية
١.يقرأ القرأن الكريم
والحديث النبوي الشريف
٢. يقرأ الكلمة
العرابية المبطبوعة في الكتب والصف العرابية
٣.يدرك جمال اللغة
العرابية وبلاغتها من خلا التراث الأدبي للغة
٤.يواصل الدراسة
والتخصص في أحدعلوم اللغة
٥.يصل إلى المستو
اللغة الذي يمكنه من الا لتحاق بالدراسات الجامعة
٦.يكون قادرا على
تدريسها ونشرها في بلاده
٧.يحيط بمجموعة من
المعلومات حول اللغة العربية
٨, يتحدث باللغة
العربية مع أصدقائه
٩.يستمع إلى برامج
الإذاعة العربية
۱۰. يدرك خصائص اللغة
العرابية وسماتها وعلومها المختلفة
ويلاحظ أن الآهداف
السا بقة خاصة بفئة معينة من الدارسين ألا وهم الدارسين ألا وهم الدرسون
المسلمون,لذلك نجد أن معظم هذه الآهدف دينية وإن كان بعضها يتضمن أهدافا أخرى
اتصالية وثقافية إلا أنها تركز على الآهداف الدينية.
جدير بالذكر أن كلامن أهداف تعليم اللغة العربية
لغير ناطقين بها سابقا- تغطي أهداف كل من المستويات الثلاثة: المبتدي, والمتوسط,
والمتقدم.
.
Adapun klasifikasi tujuan pengajaran bahasa Arab bagi orang asing,
meliputi 4 (empat) keterampilan antara lain, yaitu:
A. Tujuan
Keterampilan Mendengar
1.
Siswa
dapat mengenal bunyi-bunyi bahasa arab serta membedakannya termasuk perbedaan tunjukannya.
2.
Siswa
dapat memahami apa yang dia dengar dari percaapan bahasa Arab dan intonasi biasa kosakata yang telah ia pelajari.
3.
Dapat
memilih wacana apa yang seharusnya ia dengarkan
4.
Siswa
mampu menangkap ide pokok pikiran utama.
5.
Dapat
membedakan antara ide-ide utama dan ide-ide sekunder.
6.
Dapat
mengenal harakat panjang dan harakat pendek serta membedakan keduanya
7.
Dapat
mengenal tasydid dan tanwin serta membedakan bunyi keduanya
8.
Dapat
memahami hubungan antara simbol fonetik dan tulisan.
9.
Siswa
dapat membedakan antara fakta dan opini melalui konteks suatu
percakapan biasa.
10.
Mampu
menindak lanjuti pembicaraan serta memahami apa aspek hubungannya.
11.
Siswa
memiliki pengetahuan tentang tradisi mendengarkan dan etikanya.
12.
Dapat
membedakan antara bunyi-bunyi yang berdekatan pada pengucapan dan mirip dalam
bentuknya.
13.
Dapat
mengetahui persamaan dan perbedaan antara fonetik bahasa Arab dan fonetik
bahasa pelajar.
14.
Mampu
mendengarkan dan memahami bahasa Arab tanpa memalingkan kaidah susunan makna
15.
Siswa
dapat mengetahui secara dalam beberapa bagian aspek baru yang kontradiksi.
16.
Siswa
dapat mengenali perubahan dalam makna yang dihasilkan dari modifikasi atau
konversi dalam membangun struktur kata.
17.
Siswa
mampu beradaptasi sesuai dengan intonasi
penutur, menangkap pokok ide pikiran dengan cepat dan dengan perlahan bagi yang lambat.
18.
Mampu
menangkap persamaan dan perbedaan antara sudut pandang.
19.
Siswa
mampu membayangkan kembali peristiwa yang disampaikan oleh pembicara yang telah
lalu.
20.
Mampu
menarik kesimpulan dari apa yang telah ia dengar
21.
Dapat membedakan intonasi penguatan dan
susunan emosional
22.
Dapat memampaatkan konteks dalam memahami
kaliamt-kalimat baru
23.
Dapat menguasai apa yang diinginkan penutur
dengan memperhatikan intonasi biasa.
B. Tujuan
Keterampilan Berbicara
1.
Siswa
mampu mengucapkan bunyi-bunyi bahasa arab dengan benar.
2.
Dapat
membedakan dengan jelas ketika mengucapkan bunyi-bunyi huruf yang serupa.
3.
Dapat
membedakan ketika mengucapkan antara harakat pendek dan panjang
4.
Dapat
melakukan intonasi dengan cara yang dapat diterima penutur bahasa
Arab.
5.
Mampu
mengucapkan bunyi-bunyi huruf yang berdekatan dengan benar.
6.
Mampu
mengungkapkan berbagai gagasan dengan menggunakan bentuk-bentuk kaidah nahwu
yang sesuai
7.
Mampu
menggunakan ungkapan yang sesuai dengan
kondisi yang
berbeda.
8.
Mampu
menggunakan ungkapan basa-basi dan santun yang benar dalam ranah kebudayaan
Arab.
9.
Mampu
menggunakan susunan yang benar dalam menyusun kalimat bahasa Arab untuk
berbicara.
10.
Mampu berekspresi
dalam berbicara dengan adanya kekayaan bahasa dalam memilih kata yang
tepat.
11.
Menumbuhkan
sistematika berpikir yang logis.
12.
Mampu
menyatakan gagasan-gagasan dengan tingkat yang sesuai dari bahasa sehingga tidak panjang membosankan (bertele-tele)
juga tidak pendek tidak mencakup semuanya.
13.
Mampu
berbicara secara berkaiatan atau bersambung dalam waktu
tertentu untuk memperkuat rasa percaya diri dan kemampuan untuk bertemu dengan orang
lain.
14.
Mampu
mengucapkan kata-kata bertanwin yang diucapkan dengan
benaryang
membedakannya dari yang dhahir lainnya.
15.
Mampu
menggunakan isyarat atau tanda dan gerak dari bentuk verbal untuk
mengungkapkan
apa yang ia inginkan untuk
menghubungkan dari gagasannya.
16.
Mampu
berhenti pada tempo yang tepat ketika berbicara, mengulangi kembali ide,
menjelaskan sesuatu, atau meninjau bentuk kata-kata dari beberapa kata.
17.
Mampu
menanggapi
dari respon yang diutarakan secara otomatis.
18. Fokus ketika berbicara tentang arti dan bukan pada bentuk struktur bahasanya.
19. Dapat mengubah arah pembicaraan
secara efisien bila situasi menuntut hal itu.
20. Dapat menceritakan kisah pengalaman pribadi dengan cara yang menarik dan
sesuai.
21. Menyampaiakan khutbah singkat yang sempurna
22. Mengatur diskusi tentang tema tertentu dan mengambil kesimpulan dari
pendapat para peserta
23. Mengatur / memfasilitasi pembicaraan lewat telpeon dengan penutur bahasa
arab
C. Tujuan Keterampilan Membaca
1.
Mampu
membaca teks dari kanan ke kiri dengan mudah dan nyaman.
2.
Mampu
menghubungkan simbol fonetik yang ditulis dengan mudah.
3.
Mengetahui
kata-kata baru yang memiliki satu arti (sinonim).
4.
Mengetahui
kata-kata baru yang bermakna ganda (polisemi).
5.
Mampu
menganalisis teks yang dibaca dan mengetahui
hubungan antara satu bagian yang bagian lainnya.
6.
Siswa
dapat mengikuti apa yang mencakup didalam teks dari ide pikiran dan mengingatnya dalam pikirin selama membaca
7.
Mampu
menyimpulkan
makna umum dari teks yang telah dibaca.
8.
Mampu
membedakan antara ide-ide utama dan ide-ide sekunder dalam teks yang dibaca.
9.
Dapat
mengenali perubahan makna yang disebabkan perubahan susunan.
10. Mampu memilih secara detail
mana bacaan yang dapat menguatkan dan membantah sebuah gagasan tertentu.
11. Mengetahui makna kosakata baru dari
sebuah konteks.
12. Dapat mengetahui makna yang berimplikasi atau yang tersirat.
13. Dapat menyesuaikan kecepatan membaca sesuai dengan pokok tujuan yang dibaca.
14. Mampu mengidentifikasi suatu makna saat membaca cepat yang maknanya tidak tidak jelas.
15. Mampu menggunakan kamus, glosarium dan buletin
bahasa Arab.
16. Dapat membedakan antara fakta dan opini dalam teks yang dibaca.
17. Dapat lebih teliti dalam perpindahan dari satu baris ke awal baris baru
/ berikutnya.
18. Dapat mendeteksi persamaan dan hubungan antara fakta-fakta yang disajikan.
19. Mampu mengklasifikasi dan mengorganisir fakta serta membentuk opini.
20. Dapat menyatakan makna dengan
kecepatan yang sesuai dan tepat ketika membaca dengan suara keras.
D. Tujuan Keterampilan Menulis
1.
Mampu
memindahkan kata-kata yang ada di papan tulis atau di buku tulis dengan benar.
2. Tahu bagaimana menulis huruf-huruf
hijaiyah dalam berbagai bentuk dan posisi mereka
yang berbeda-beda.
3. Dapat terbiasa dengan menulis tulisan dari kanan ke kiri dengan mudah.
4. Mampu menulis kata-kata Arab dalam huruf yang
terpisah dan
huruf yang bersambung serta dapat membedakan bentuk-bentuk
hurufnya.
5. Dapat menuliskan huruf dengan
jelas dan tidak menimbulkan keraguan / kesalahan.
6. Teliti dalam menulis kalimat-kalimat yang hurufnya diucapkan dan
tidak ditulis atau yang ditulis dan tidak diucapkan.
7. Memperhatikan kaidah-kaidah dasar
imla’ dalam penulisan.
8. Memperhitungkan konsistensi dan sistematika
dalam menulis yang akan memberikan keindahan.
9. Dapat menguasai berbagai jenis kaligrafi Arab.
10. Memperhatikan karakteristik penulisan Arab seperti: panjang pendek, tanwin, dan
tasydid.
11. Memperhatikan tanda penomoran.
12. Dapat merangkum materi tertulis dalam ringkasan yang benar dan komplit.
13. Mampu memenuhi unsur-unsur pokok dasar ketika menulis suatu tulisan.
14. Mampu menerjemahkan ide pokok suatu
paragraf yang menggunakan kosakata yang tepat dan
sesuai.
15. Memiliki kecepatan dalam
menulis dengan benar.
16. Memperhatikan penghormatan kepada teman pada acara/keadaann tertentu
17. Mampu mendeskripsikan
sudut pandang dari berbagai
sudut pandang yang benar dan tepat dengan tulisan
yang dapat dibaca.
18. Mampu menulis permohonan sesuai pekerjaannya.
19. Mampu menulis laporan sederhana tentang sebuah permasalahan.
20. Mampu mengisi data yang diperlukan dalam beberapa bentuk instansi pemerintahan.
Adapun pembagian tujuan yang
lain dalam pengajaran bahasa Arab untuk
orang asing, yaitu:
A. Tujuan kebudayaan
1.
Siswa dapat
memahami
agama Islam, rukun-rukunnya, akidahnya, ibadahnya, dan
syariatnya.
2. Siswa mampu memahami tafsir
al Qur’an.
3. Dapat memahami hadits Nabi dan mengetahui
biografi Nabi.
4. Dapat memahami sejarah Islam.
5. Mampu menghafal sebagian ayat-ayat al Qur’an
yang mudah.
6. Dapat mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan mengenai budaya Arab.
7. Dapat mengetahui berbagai informasi dan pengetahuan mengenai kondisi sosial bangsa Arab.
B. Tujuan Komunikatif
1.
Siswa
mampu mendengarkan serta memahami
orang yang berbicara dengan bahasa Arab.
2.
Siswa
mampu menyampaikan dengan bahasa Arab mengenai
berbagai dalam urusan kehidupan dan berinteraksi dengan orang-orang Arab dan
budaya mereka.
3.
Mampu
berceramah dengan bahasa Arab dalam rangka mengajak dan menyebarkan agama
Islam.
4.
Mampu
membaca
bacaan yang benar dan memahaminya serta
mampu menyerap apa yang dibacanya.
5.
Mampu
menulis tulisan dengan benar dan dapat mengungkapkan berbagai gagasan dengan
bahasa yang benar.
C. Tujuan
Kebahasaan
1.
Mampu
membaca al Quran dan Hadits
Nabi.
2.
Dapat
membaca berbagai kalimat bahasa Arab dalam buku-buku atau artikel.
3.
Dapat
mengetahui keindahan struktur bahasa Arab
dan balaghahnya.
4.
Siswa
dapat terus belajar dengan spesialisasi pada
salah satu ilmu bahasa.
5.
Menguasai pengetahuan bahasa yang menjadi persyaratan
masuk S2
6.
Memiliki
kemampuan dalam mengajar dan mengembangkannya di negaranya.
7.
Dapat
mengambil berbagai informasi tentang bahasa Arab.
8.
Mampu
berbicara
bahasa Arab dengan teman-temannya.
9.
Dapat
mendengarkan berbagai program radio atau televisi yang berbahasa Arab.
10. Dapat mengetahui berbagai karakteristik bahasa
Arab, tingginya dan berbagai macam
ilmunya.
Perlu dicatat disini bahwa tujuan khusus tertentu bagi siswa yaitu ditujukan
untuk siswa yang muslim. Jadi, kami menemukan bahwa sebagian besar tujuan ini
merupakan tujuan agama meskipun beberapa tujuan yang lain termasuk tujuan komunikasi
dan budaya tetapi pada dasarnya berfokus pada tujuan agama.
Demikian juga halnya dengan tujuan pengajaran bahasa Arab untuk
orang Asing sebelumnya mencakup tujuan dari masing-masing dari tiga tingkatan:
pemula, penengah, dan lanjutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar