RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Satuan Pendidikan :
Madrasah Aliyah
Kelas : XI
Semester :
Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
Standar Kompetensi : Istima’ / Mendengar
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan
kesehatan.
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
tentang remaja dan kesehatan
Indikator:
·
Siswa menyimak materi ( انواع
الكليمة) yang disampaikan guru
·
Siswa memberikan contoh tentang (انواع الكليمة ) sesuai dengan (isim, fi’il, dan huruf)
·
Siswa mengelompokkan kata-kata sesuai dengan (isim, fi’il, dan huruf)
Tujuan Pembelajaran:
·
Siswa mampu menyimak materi (انواع
الكليمة ) yang disampaikan
guru
·
Siswa mampu memberikan contoh tentang (انواع
الكليمة ) sesuai dengan (isim,
fi’il, dan huruf)
·
Siswa mampu mengelompokkan kata-kata sesuai dengan (isim, fi’il, dan huruf)
Materi Pembelajaran:
· Pembagian Kalimat (انواع الكليمة
)
Metode / Strategi Pembelajaran
· Metode ekspositori
· Metode short card
· Strategi kooperatif learning
(diskusi kelompok)
Langkah – Langkah
Pembelajaran :
No
|
Langkah-Langkah Kegiatan
|
Media/Sumber
|
Waktu
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
5 Menit
|
|
|
a. Guru mengucapkan salam dan melakukan apersepsi
b. Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
c. Guru menyampaikan tujuan dari pembelajaran tentang
materi yang akan disampaikan.
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
10 menit
|
|
|
a. Eksplorasi
· Guru mengelola kelas dengan mengubah posisi kursi siswa
· Siswa dibagi menjadi empat kelompok
· Guru mulai memperkenalkan materi yang akan diajarkan dengan aplikasi
powerpoint.
b. Elaborasi
· Guru menjelaskan materi (انواع الكليمة
) dengan sesekali memberikan tanya jawab kepada siswa.
· Siswa menyimak materi yang dijelaskan guru dan memberikan contoh dalam
setiap (isim, fi’il dan huruf)
· Setelah selesai menjelaskan, guru memberikan suatu kalimat kepada
masing-masing kelompok.
· Kemudian masing-masing kelompok ditugaskan untuk mengelompokkan (انواع الكليمة ) kedalam bentuk (isim, fi’il, dan huruf)
berdasarkan kalimat yang berikan guru.
· Guru mengawasi pekerjaan siswa.
c. Konfirmasi
· Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
· Kelompok lain dan guru menyimak dan memberikan penilaian terhadap kelompok yang persentase.
|
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
5 Menit
|
|
|
a.
Guru dan siswa membuat
kesimpulan dan memberikan penguatan dari materi yang disampaikan.
b.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan
salam
|
|
|
|
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Kertas karton sebagai media latihan siswa
·
Aplikasi Powerpoint
Penilaian :
Dalam materi ini, penilaian dilakukan secara
berkelompok dengan menilai hasil kerja kelompok siswa.
Instrument Soal:
·
Guru memberikan tugas kalimat dengan format di bawah ini:
·
Kemudian siswa mengelompokkan setiap kata yang ada dalam kalimat tersebut
ke dalam (isim, fi’il, atau huruf)
LEMBAR KERJA KELOMPOK
|
Medan, 01 April 2013
JUNAIDA
NIM.
32105016
ok sip
BalasHapus